JSICOM, JAMBI — Dinas Pendidikan Provinsi Provinsi Jambi berencana membuka sekolah tatap muka jenjang SMA/SMK/SLB di wilayah zona hijau pada 13 Juli 2020.
Namun rencana tersebut akan direalisasikan dengan sejumlah prosedur dan syarat tertentu. Di antaranya, kesepakatan Komite Sekolah dan rekomendasi Tim Gugus Tugas Covid-19.
Dalam surat bernomor S-1648/DISDIK-2.1/VII/2020 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, pada Kamis 9 Juli 2020 tentang Panduan Pelaksanaan Permulaan Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.
Menyampaikan bahwa, mencermati perkembangan situasi terkini dan sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di Provinsi Jambi.
Adapun hal-hal yang disampaikan dalam surat edaran tersebut sebegai berikut:
Zona pendidikan di Provinsi Jambi yang berada pada zona hijau dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka pada 13 Juli mendatang. Namun, dengan ketentuan apabila telah memenuhi syarat-syarat dari Tim Gugus Tugas Provinsi Jambi.
Kemudian, satuan pendidikan yang berada dalam zona kuning, orange dan merah tetap melaksaakan metode pembelajaran daring, luring dan kombinasi (pelaksanaan pembelajaran jarak jauh).
Sementara itu, berdasarkan kesepakatan rapat Tim Gugus Tugas Provinsi Jambi, pada Sabtu 10 Juli 2020 menjelaskan bahwa, pembukaan sekolah hanya bisa dilaksanakan untuk wilayah kabupaten/kota dengan zona hijau dengan pengecualian Kabupaten Kerinci karena telah ada penambahan kasus dan satu kematian.
“Zona hijau yang diperbolehkan membuka sektor pendidikan atau kegiatan lain dengan dampak ekonomi rendah adalah Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin dan Tanjab Timur,” kata Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid- 19 Provinsi Jambi, Johansyah, Sabtu sore.
Kemudian katanya, kegiatan yang berdampak ekonomi sedang dan tinggi sebagaimana yang tertera pada matrik rekomendasi di atas disesuaikan dengan kondisi zonasi wilayah masing-masing kabupaten/kota.
Evaluasi minggguan zonasi dilakukan dengan penyediaan data update dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi berkoordinasi dengan RS rujukan Covid-19 setiap 7 hari dengan data kondisi harian.
Evaluasi kondisi tanggal 12 Juli (minggu ke-16 periode 6-12 Juli 2020) akan di-update selambat-lambatnya pada tanggal 14 atau 15 Juli 2020. Selanjutnya akan ditentukan kemudian dengan kondisi update zonasi perminggu.
Bila Kota Jambi dinilai sebagai daerah cukup siap dalam dalam penetapan new normal namun masih dengan status zona kuning dapat melakukan ujicoba penerapan new normal dengan pemetaan resiko tingkat kecamatan. Dan dapat melaksanakan pembukaan sektor pendidikan pada kecamatan dengan zona hijau, menggunakan pemetaan resiko menggunakan 15 indikator Gugus Tugas Nasional oleh Tim Pakar dan Analis Gugus Tugas Provinsi Jambi dan Gugus Tugas Kota Jambi. (Ron)

 

Baca Juga:   Pangdam II/Sriwijaya Kunjungi Kompi Senapan B Yonif Raider 142/KJ

Sumber: fixjambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here