Beranda VIRAL Waspada Hoaks Bagi-bagi Hadiah Mencatut Nama J&T Express

Waspada Hoaks Bagi-bagi Hadiah Mencatut Nama J&T Express

234

JSICOM – Saat ini banyak terjadi kasus penipuan di medsos maupun via telpon, sms, whatshApp dengan mengatasnamakan perusahaan-perusahaan besar yang terkenal di Indonesia.

Seminggu yang lalu heboh di facebook beredar dengan mengatasnamakan J&T Express/PT.GLOBAL MISTER EXPRESS dan
menyamar menjadi karyawan di posisi Admin di J&T Express dengan menggunakan Website J&T palsu modus bagi bagi hadiah handphone dengan persyaratan membayar pajak saja sebanyak Rp 200-500 ribu.

Untuk ditransfer ke rekening pelaku ataupun ke nomor pelaku tersebut. Semua itu HOAX/TIDAK BENAR. Dan saat ini hampir terjadi penipuan terhadap salahsatu warga Semurup Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, inisial DNP (25).

“Saya tadi hampir saja ditipu dengan iming-iming mendapatkan Hadiah CashBack dari pihak Shopee,” ujar DNP kepada JambiSiber.com, Minggu (29/11).

Menurutnya, pelaku mengatasnamakan karyawan dari pihak Shooppe bernama AGUS MUHAMMAD JAZULI yang bertempat tinggal di DSN KARANGREJO DESA SIDOMULYO KECAMATAN PULE.

“Iming-iming akan memberikan hadiah cashback berupa uang senilai Rp1.500.000, modus yang dilakukan menelpon salah satu korban melalui via whatshapp dengan nomor +1 (701) 888-9993 seolah benar dari pihak Shoppe. Dan meminta data untuk dilakukan proses pencairan Hadiah Cashback tersebut melalui telepon,”ungkapnya.

“Dan juga pelaku meminta korban untuk menyebutkan 16 digit nomor yang tertera di kartu ATM, untuk memproses pencairan dana tersebut. Jika di ATM tidak ada saldo, maka pelaku meminta untuk mengisi saldo ATM agar transaksi mudah dilakukan. Dan juga pelaku melakukan pendaftaran ke aplikasi lain agar pelaku mudah untuk melakukan pemindahan dana dari ATM korban,”bebernya

DNP meminta kepada pihak kepolisian yang bertugas di bagian Cyber/Medsos untuk menyelidiki orang tersebut agar dapat di lacak keberadaannya untuk ditindak lanjuti dan diproses secara hukum.

Baca Juga:   Ibu ini Tak Terima Dinyatakan Positif Corona, Tim Satgas Covid dan RS di Gugatnya ke Pengadilan

“Untuk mempertanggung jawabkan modus penipuan tersebut agar tidak terjadi ke masyarakat-masyarakat yang lain,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here