Beranda KARIR Waduh, Tahun ini Pengangguran di Indonesia Tembus 10 Juta Orang

Waduh, Tahun ini Pengangguran di Indonesia Tembus 10 Juta Orang

256
Ilustrasi pencari kerja. Dampak dari Covid-19, jumlah pengangguran pada 2020 diprediksi meningkat hingga 10 juta orang. (Foto: Batampos/Dalil Harahap)
JSICOM, JAKARTA – Mencari kerja adalah hal yang sangat susah di situasi seperti sekarang ini. Tak ada yang mengira sebelumnya bahwa pada 2020 Indonesia akan kedatangan tamu tak diundang bernama pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat jutaan orang di Tanah Air terancam kehilangan mata pencahariannya
Hal ini juga dibuktikan oleh fakta terbaru yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, bahwa ada  sekitar 10 juta orang Indonesia  membutuhkan lapangan pekerjaan.
Airlangga mengaku, akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak perusahaan yang kehilangan pendapatan bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali.
Sehingga, terjadilah gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena perusahaan tak sanggup membayar gaji pegawainya. Ia menyebut, pada masa pandemi ini ada 10 juta orang membutuhkan lapangan pekerjaan. Angka itu ditambah dari pengangguran tahun lalu yang sebanyak 7 juta.
“Indonesia sendiri selama pandemi yang tercatat di Kemnaker 1,8 juta terverifikasi, yang belum terverifikasi 1,2 juta dan ini menambah tingkat pengangguran tahun lalu yang besarnya sekitar 7 juta,” ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (26/6).
Peningkatan pengangguran akibat gelombang PHK bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di negara lain seperti Eropa, Jerman, Italia, hingga Amerika Serikat. Demi menyelamatkan perekonomian, pemerintah perlahan membuka pembatasan namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.
Dengan demikian, diharapkan angka pengangguran dapat berkurang dan angka penularanpun tidak melonjak. “Ini yang disadari seluruh negara bahwa lockdown meningkatkan pengangguran dan peningkatan kemiskinan,” kata Airlangga.

 

Sumber: jawapos.com

Baca Juga:   Siapa Minat, BUMN Buka Lowongan Terbaru Juni 2020 untuk Lulusan SMA Hingga S1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here