Beranda DUNIA Virus Corona Meluas, Seluruh Negara Evakuasi Warga dari China

Virus Corona Meluas, Seluruh Negara Evakuasi Warga dari China

488
Ilustrasi/net
JAMBISIBER – Sejumlah negara di dunia telah dan berencana melakukan evakuasi terhadap warganya di China, khususnya Wuhan, Provinsi Hubei seiring dengan meningkatkan jumlah korban meninggal dan terinfeksi akibat virus corona di negara itu.
Dikutip dari Aljazeera, korban tewas di China akibat virus corona bertambah menjadi 132 orang dengan kasus terinfeksi hampir 6.000 orang. Akibat makin meluasnya wabah ini merenggut korban jiwa, Jepang dan Amerika Serikat mulai mengevauasi ratusan warganya di Wuhan yang merupakan pusat dan tempat terdeteksinya pertama kali virus corona.
Otoritas setempat menyatakan bahwa jumlah kasus terinfeksi virus corona di China sudah mencapai 5.974 kasus. Sedangkan jumlah korban tewas secara nasional melonjak 26 orang. Sebanyak 25 orang tewas berada di Provinsi Hubei dengan ibu kotanya Wuhan, dan satu korban di Henan.
Lebih dari 56 juta orang di hampir 20 kota di China, termasuk Wuhan dicegah untuk bepergian demi mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Sementara itu, AS telah melakukan evakuasi pertama terhadap 240 warganya dari Wuhan menggunakan pesawat sewaan.
Australia juga akan membantu warganya untuk meninggalkan China dan mengarantina mereka di Pulau Christmas atau Pulau Natal. “Kami telah mengambil keputusan pagi ini untuk mempersiapkan rencana untuk membantu pemulangan warga Australia di Wuhan dan Provinsi Hubei,” kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison.
Jepang juga telah mengevakuasi 206 warganya dari Wuhan menuju Tokyo. Mereka telah tiba di Bandara Haneda pada Rabu pagi waktu setempat. Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi bilang bahwa 650 warga Jepang berharap pulang ke negaranya. Karena itu, pemerintah Jepang akan menjadwalkan penerbangan tambahan untuk melakukan evakuasi.
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menekankan bahwa pemerintahnya akan berusaha sekuat tenaga untuk memulangkan semua warganya yang ingin pulang ke Jepang. Selain itu, Kementerian Luar Negeri Inggris juga sedang menyiapkan rencana untuk mengevakuasi 200 warganya dari Wuhan.
Hal yang sama juga dilakukan Prancis dan Korea Selatan. Rencananya, 250 warga Prancis akan menumpang pesawat pertama untuk kembali ke negaranya. Sedangkan 700 warga Korea Selatan akan kembali ke negaranya menggunakan empat pesawat pada pekan ini.

Sumber : viva

Baca Juga:   Joe Biden Melenggang ke Gedung Putih, Pecahkan 4 Rekor dengan Vote Tertinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here