Beranda NUSANTARA VIDEO: Kemenkes: InsyaAllah, 238 WNI yang Dipulangkan dari Wuhan ke Natuna dalam...

VIDEO: Kemenkes: InsyaAllah, 238 WNI yang Dipulangkan dari Wuhan ke Natuna dalam Keadaan Sehat

Habis berolahraga, tampak Warga Indonesia yang di karantina Natuna ini semuanya dalam keadaan sehat dan berbahagia, Senin (3/1).
JSICOM – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Terawan Agus Putranto mengklaim, seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan, China telah ditangani dengan baik. 238 WNI yang saat ini dalam masa karantina di Natuna, semuanya dalam keadaan sehat dan berbahagia.
“Tadi pagi mereka berolahraga bersama, sarapan bersama. Situasinya menyenangkan, semua bugar dan berbahagia. Mudah-mudahan betah dalam dua minggu ke depan,” kata Terawan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IX DPR RI, Senin (3/2).
Seperti diketahui, 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan harus menjalani masa inkubasi selama dua minggu di Kepulauan Natuna. Hal itu dilakukan guna memastikan WNI yang pulang dari Wuhan tidak terjangkit virus corona. Sebelumnya juga 238 WNI yang pulang sudah disemprotkan disimfektan saat turun dari pesawat.
Menurut Terawan, sejatinya masa inkubasi tergantung seberapa tinggi virus itu menyerang imun dari penderita. Namun, maksimal masa inkubasi yaitu dua minggu maka dari itu pihaknya memilih untuk karantina WNI di Natuna selama dua minggu
Diketahui sebelumnya, rombongan WNI dari Wuhan, China telah tiba di Indonesia, Minggu (2/2) kemarin. Pesawat yang membawa 238 WNI tiba tepat pada pukul 08.30 WIB dan mendarat dengan aman di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau yang kemudian diangkut menggunakan tiga pesawat milik TNI AU ke Natuna.
Natuna dipilih sebagai tempat karantina karena jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu, Natuna juga dipilih karena merupakan pangkalan militer yang memiliki fasilitas rumah sakit lengkap yang dikelola tiga matra TNI.
Virus corona saat ini tengah menyebar dari Wuhan ke beberapa kawasan lain di China. Beberapa kasus juga dilaporkan terjadi di negara lain, termasuk Amerika Serikat, Thailand dan Taiwan.
Menurut data WHO (organisasi kesehatan dunia), sejauh ini sudah ada lebih dari 15.000 orang yang terjangkit virus ini dan lebih dari 361 orang telah meninggal dunia akibat virus corona.
Sumber : validnews.id
Video Kemenkes RI
Baca Juga:   Wow.. Danau Kaco Bak Negeri Dongeng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here