JAMBISIBER, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan menyederhanakan birokrasi di kementerian dengan memangkas jabatan eselon III dan IV pada tahun depan.

“Tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon. Mohon maaf kalau di sini ada Eselon IV dan Eselon III, kita pangkas mulai tahun depan. Untuk apa? agar terjadi kecepatan dalam setiap memutuskan perubahan-perubahan dunia yang berubah sebegitu cepatnya, ujar Jokowi, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jokowi mengatakan nantinya tugas-tugas administratif yang diemban oleh jabatan-jabatan tersebut bakal diganti dengan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan atau Robot. Adapun ASN yang bersangkutan bakal dialihkan menjadi jabatan fungsional.

Mengenai perubahan tersebut, Jokowi pun telah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo untuk segera merealisasikan.

“Saya kira di Kementerian PAN-RB sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu di tiap kementerian meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya,” kata Jokowi. (red)

Baca Juga:   Pasien Covid-19 RI Bertambah 214 Orang, Total 9.096 Positif, 1.151 Sembuh, 765 Meninggal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here