JAMBISIBER.COM, Jambi – Sensus Penduduk (SP) bakal digelar pada Tahun 2020. Sensus yang digelar setiap 10 tahun sekali ini untuk kali pertama akan menggunakan metode online.

Sensus penduduk berbasis online nantinya dapat dilakukan melalui website BPS, yakni https://sensus.bps.go.id. Website ini nantinya yang diakses oleh seluruh penduduk Indonesia yang akan berpartisipasi pada Sensus Penduduk 2020.

Sensus penduduk secara online ini akan mulai dilakukan pada Februari hingga Maret 2020. BPS menargetkan, 30 persen penduduk bisa mengakses dan melakukan sensus secara online.

Target sebut sebagai langkah antisipasi ketika ada penduduk yang gagal melakukan sensus online, maupun mereka yang masih belum bisa mengakses internet.

Masyarakat dapat melakukan entri data kependudukannya secara mandiri. Bagi masyarakat yang tidak menguasai teknologi atau tidak bisa memutakhirkan data, BPS tetap menerjunkan petugas yang akan mengunjungi rumah warga.

Kegiatan itu dilakukan setelah data secara online berhasil direkap, antara Juni-Juli.
Bila warga belum mengisi kuesioner secara online pada Juli 2020, petugas akan mendatangi rumahnya.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan mengatakan, kegiatan sensus penduduk online akan dimulai pada Februari-Maret tahun depan. Adapun, sensus kali ini berbeda dibanding sensus sebelumnya.

” Sensus online ini menggunakan pendataan mandiri melalui Computer Assisted WEB Interviewing (CAWI), sehingga masyarakat Indonesia dapat melakukan pendataan secara mandiri,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Jadi, masyarakat bisa mencatat diri sendiri dimana saja, bisa melalui smartphone atau laptop. Selain itu Ia mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk ikut serta dalam sensus penduduk online pada Feb 2020. (ron)

Baca Juga:   Anggota DPR 2019-2024 Baru Dilantik, Berapa Gaji per Bulannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here