Beranda NASIONAL Subsidi Gas 3 Kg Dicabut, Harganya Bisa Tembus Rp35.000 per Tabung

Subsidi Gas 3 Kg Dicabut, Harganya Bisa Tembus Rp35.000 per Tabung

637
Pemerintah akan mengubah skema subsidi gas LPG 3 kg mulai semester II 2020. Harganya nanti diperkirakan bisa tembus Rp35 ribu per tabung. (Foto: Arif Firmansyah/antara)
JAMBISIBER, Jakarta – Pemerintah berencana tak lagi memberikan subsidi untuk LPG tabung melon mulai pertengahan Tahun 2020 ini. Subsidi akan diberikan langsung ke warga yang berhak, dan harga LPG tabung 3 kilogram akan menjadi harga pasar.
Lantas berapa harga LPG 3 kilogram tanpa subsidi nantinya?
Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan akan sama dengan harga pasar seperti LPG 12 kilogram. “Samalah dengan LPG 12 kilogram bagi 3 atau 4 nanti kita lihat,” ujar Djoko di Jakarta, Selasa (14/1/2019).
Hitungannya, jika harga tabung LPG 12 kilogram mencapai Rp 139 ribu maka per kilogramnya gas mencapai Rp 11.583. Dengan angka tersebut, harga tabung LPG 3 kilogram bisa mencapai Rp 35 ribu. Ini naik signifikan ketimbang harga saat ini yang berkisar di Rp 18.000 sampai Rp 21.000.
Saat LPG 3 kilogram menjadi harga pasar, maka subsidi akan diberikan langsung ke warganya.
“LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan,” kata Djoko.
Menurutnya, saat ini mereka tengah mendata warga miskin dan skema subsidi yang akan diberikan. “Kita sudah punya data, mau pakai kriteria miskin yang mana nih. Kita juga punya data konversi sejak awal lalu kita bandingkan, apakah mereka masih berhak,” jelasnya.
Skema yang dipertimbangkan beragam, bisa pakai QR Code sehingga saat membeli sejumlah 3 tabung nanti subsidi Rp 100.000 akan langsung ditransfer ke rekening penerima subsidi. Sedang dihitung berapa rata-rata kebutuhan para warga yang berhak terima subsidi dalam sebulan.

Sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga:   Melonjak Tajam, Kasus Corona RI Tembus 17.025 Positif dan 1.089 Meninggal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here