Beranda KESEHATAN Simak! 12 Jenis Melon Terbaik untuk Kesehatan

Simak! 12 Jenis Melon Terbaik untuk Kesehatan

JAMBISIBER.COM – Melon adalah kategori buah-buahan yang sangat dihargai karena dagingnya yang manis dan menyegarkan serta aromanya yang menggoda.

Melon sangat bergizi dan dianggap yang terbaik untuk diet musim panas. Jenis buah ini termasuk rendah kalori, kolesterol dan natrium, dan tinggi kalium, seng, vitamin A dan vitamin C.

Dikutip dari Boldsky, Melon juga dikemas dengan senyawa fenolik dan flavonoid seperti asam galat, quercetin, likopen, beta-karoten dan luteolin.

Berikut beberapa jenis Melon dan maamfaatnya untuk kesehatan:

1. Semangka

Menurut sebuah penelitian, semangka adalah sumber terkaya L-sitrulin, asam amino non-esensial yang terkait dengan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak tubuh, meningkatkan kadar glukosa dan menyeimbangkan hormon. Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya salah satu buah yang paling diminati di musim ini. Secangkir irisan semangka dapat memenuhi sekitar 21 persen dari kebutuhan harian vitamin C dan 17 persen vitamin A. itu juga tinggi kalium, serat makanan dan magnesium.

2. Honeydew Melon

Honeydew melon adalah buah berdaging jeruk atau berdaging hijau dengan profil nutrisi yang luar biasa. Itu dikemas dengan senyawa fenolik seperti asam galat, asam caffeic, katekin, quercetin, asam ellagic dan asam hidroksibenzoat. Jenis melon ini juga kaya vitamin seperti A, C, B1 dan B2, serta mineral seperti kalium, fosfor, seng dan kalsium. Honeydew dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga elektrolit tubuh karena kandungan airnya yang tinggi.

3. Blewah

Blewah adalah melon berwarna coklat muda atau abu-abu ke hijau dengan kulit seperti jaring dan agak berusuk. Mereka memiliki rasa yang berair, manis, rasa yang enak dan nilai gizi yang kaya. Blewah kaya akan zat gizi mikro seperti kalium, vitamin A, vitamin C dan magnesium. Jenis melon ini dikenal dengan khasiat obatnya seperti analgesik, antioksidan, anti inflamasi, antiulcer, antimikroba, antikanker, diuretik, hepaprotektif dan antidiabetik.

Baca Juga:   Batal Naik, Iuran BPJS Kesehatan Kembali Semula, Kelas 3 Rp25.500

4. Melon Ananas

Melon ananas adalah jenis melon berbentuk lonjong dan berukuran kecil hingga sedang dengan kulit keras berwarna hijau hingga kuning keemasan. Ini memiliki aroma wangi yang mirip dengan nanas atau ananas. Saat matang, melon ananas terasa manis, berbunga-bunga, dengan semburat karamel. Melon ananas kaya akan vitamin C, vitamin A, folat, serat makanan, magnesium dan vitamin K. Baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan mencegah stres oksidatif.

5. Mentimun Armenia

Mentimun armenia, umumnya dikenal sebagai kakdi atau ketimun ular, adalah buah berwarna hijau, panjang, tipis, dan agak manis dengan rasa yang mirip dengan mentimun, tetapi sebenarnya termasuk jenis muskmelon. Mentimun armenia baik untuk hidrasi karena kandungan air yang tinggi, kesehatan tulang karena adanya vitamin K, kesehatan jantung karena serat dan potasium yang tinggi, diabetes karena antioksidan tinggi dan perawatan kulit karena sifat antiradang dan zatnya.

6. Citron Melon

Citron melon, mirip dengan semangka adalah buah bulat besar berwarna kuning kehijauan dengan daging buah putih dan biji merah. Meskipun daging buahnya berbau seperti semangka, rasanya agak pahit tanpa rasa yang spesifik. Karena daging buah citron melon agak pahit, kebanyakan tidak dikonsumsi segar, tetapi dibuat menjadi jus, selai atau pai dan diawetkan dengan banyak gula atau perasa seperti lemon atau jahe. Citron melon memiliki efek pencegahan kanker dan imunoprotektif.

7. Melon Galia

Melon galia memiliki aktivitas antioksidan yang kuat karena adanya antioksidan seperti asam askorbat, kuersetin, asam klorogenat, asam neoklorogenik, asam isovanilat, dan luteolin. Melon galia memiliki khasiat penurun kolesterol, antidiabetik, antibiotik dan antioksidan. Ini juga baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan mata dan kekebalan.

Baca Juga:   Hari Ginjal Sedunia 2021: Berikut 13 Makanan Sehat Untuk Mencegah Batu Ginjal

8. Melon Kenari

Melon kenari adalah melon memanjang berwarna kuning cerah dengan daging buah berwarna putih hingga hijau pucat atau gading yang rasanya manis lembut, namun lebih tajam dengan sedikit rasa buah pir atau nanas. Kulit melon ini halus, dan saat matang, kulitnya terasa agak seperti lilin. Melon kenari merupakan sumber vitamin A dan C yang baik. Serat dalam buah ini diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, dan tekanan darah. Jus kenari segar lebih disukai selama musim panas untuk menjaga hidrasi tubuh.

9. Melon Bertanduk

Melon bertanduk atau biasa disebut kiwano adalah buah melon berwarna kuning-jingga atau jingga terang dengan paku di permukaan luar dan daging buah seperti jeli berwarna hijau limau dengan biji yang dapat dimakan. Kiwano dikemas dengan antioksidan – dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, penuaan dini, dan masalah pencernaan. Melon bertanduk juga baik untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mata karena adanya vitamin C.

10. Melon Casaba

Melon Casaba berhubungan dengan melon dan melon. Melon ini rasanya manis, tapi dengan sedikit rasa pedas. Casaba melon memiliki penampilan yang unik dengan bentuk bulat telur sampai bulat. Ia memiliki kulit yang tebal dan keras dengan kerutan tidak beraturan di seluruh. Kulitnya berwarna kuning keemasan dengan semburat hijau sedangkan daging buahnya berwarna hijau pucat hingga putih. Melon kaya akan vitamin B6, vitamin C, folat, magnesium, kolin, dan kalium. Melon paling baik digunakan untuk menyiapkan sup dingin, sorbet, smoothie, koktail, dan saus. Melon Casaba paling baik untuk menurunkan berat badan.

11. Bailan melon

Bailan melon memiliki kulit berwarna putih dengan warna hijau pucat hingga daging buah yang putih. Melon memiliki kandungan air yang tinggi, hingga 90 persen, alasan mengapa melon banyak dikonsumsi selama musim panas sebagai jus atau dalam salad. Bailan melon memiliki banyak senyawa bioaktif seperti karotenoid, asam lemak dan polifenol. Ini juga merupakan sumber vitamin C dan protein. Melon bagus untuk mendinginkan sistem pencernaan.

Baca Juga:   Ini Daftar Negara-negara yang Mulai Vaksinasi Corona Tahun Ini

12. Pisang melon

Seperti namanya, banana melon tampak seperti pisang yang membesar dengan kulit buahnya kuning dan daging buahnya berwarna jingga persik. Melon memberikan aroma seperti pisang, memiliki rasa gurih-manis dengan tekstur seperti pepaya. Pisang melon kaya akan vitamin B9, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi dan niasin. Melon baik untuk minuman dan salad dengan manfaat kesehatan untuk jantung, sistem pencernaan dan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here