Beranda DAERAH Siap-siap, 15 Februari Mendatang BPS Akan Gelar SP Online, Berikut Cara Mendaftarnya!

Siap-siap, 15 Februari Mendatang BPS Akan Gelar SP Online, Berikut Cara Mendaftarnya!

505
JAMBISIBER, Jambi – Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan melakukan Sensus Penduduk yang ketujuh pada 2020 ini.
Kegiatan besar di bidang demografi akan segera dilaksanakan di Tahun 2020.  Kegiatan itu adalah Sensus Penduduk 2020.
Hajatan besar di bidang demografi ini merupakan agenda sepuluh tahunan yang bertujuan menyediakan data jumlah penduduk, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.
Sensus Penduduk 2020 menggunakan dua cara. Cara pertama melalui Sensus Penduduk Online (SPO) yang akan dilaksanakan serentak mulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Cara kedua melalui Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.
Sensus Penduduk  kali ini tidak hanya akan menjadi sejarah bagi Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara namun bagi Indonesia.
Tentu saja karena Sensus Penduduk Online merupakan kali pertama sejak Tahun 1961 setelah Indonesia merdeka. Sebelumnya Sensus Penduduk hanya dilakukan dengan cara konvensional melalui kunjungan langsung oleh petugas sensus ke rumah-rumah penduduk.
Sensus Penduduk Online Tahun 2020 menggunakan metoda kombinasi (combine method). Penggunaan data adminduk dari Ditjen Dukcapil menjadikan sensus kali ini menjadi berbeda. Ditambah dengan hasil pendataan lapangan pada sensus penduduk wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di tahun yang sama.
Masyarakat diminta untuk “mensensus” dirinya sendiri dengan mengisi data diri secara mandiri di link: http://sensus.bps.go.id. Pendataan mandiri atau dikenal dengan “self enumeration” merupakan rekomendasi PBB dan sudah diterapkan di banyak negara maju.
Negara dengan tingkat kesejahteraan, pendidikan, teknologi serta “melek” statistik yang cukup tinggi memudahkan kegiatan sensus mandiri ini.
Berikut langkah-langkah melakukan SP Online 2020:
1.  Masuklah ke laman sensus.bps.go.id
2.  Masukan NIK dan Nomor KK
3.  Klik kotak kosong pada Captcha, lalu klik “cek keberadaan
4.  Jika pertama kali melakukan akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Pasword”
5.  Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik “masuk”
6.  Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”
7.  Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
8.  Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur
9.  Setelah mengisi pertanyaan, klik tombol “Kirim”
10. Unduh atau kirim bukti pengisian pada email anda dengan terlebih dahulu mengisi alamat email.
Semoga  pesta demografi Sensus Penduduk Tahun 2020 dapat berjalan sukses dan lancar menuju satu data kependudukan Indonesia. (red)
Baca Juga:   Resmi Dilantik, Edi Purwanto Pimpin DPRD Provinsi Jambi 2019-2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here