JSICOM, KERINCI — Nama Irjen Pol Syafril Nursal mendadak muncul sebagai salah satu kandidat calon Wakil Gubernur Jambi. Jenderal bintang dua asal Kerinci ini dipastikan maju di Pilgub Jambi, sebagai calon wakil Fachrori Umar. Keduanya direkomendasi Partai Demokrat. Dan hampir dipastikan, juga bakal diusung Partai Gerindra dan Hanura yang sudah lebih dulu mendukung Fachrori.

Munculnya nama Syafril ini jelas akan merubah peta kekuatan pasangan kandidat yang akan bertarung di Pilgub, 9 Desember nanti. Syafril diyakini banyak pihak bakal bisa menyatukan suara Kerinci dan Sungai ipenuh yang selama ini tidak pernah bulat mendukung salah satu pasangan kandidat di setiap ajang pilkada.

Syafril juga salah satu tokoh yang menggagas wacana perubahan nama Kota Sungai Penuh menjadi Kota Kerinci. Sebab, Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupàkan satu kesatuan, walaunpun secara administratif sudah terpisah.

Selain masih aktif dinas di Polri, kini Syafril juga aktif di sejumlah organisasi kemasyarakatan. Salah satunya menjabat sebagai Ketua Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN) Kerinci.

Dikutip dari Wikipedia, Pol. Drs. H. Syafril Nursal, S.H., M.H. lahir di Kerinci, Jambi, 3 Oktober 1962 (umur 57 tahun). Sejak 3 Agustus 2020 dia mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri. Sebelumnya, Syafril Nursal, pernah menjabat Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah sejak 6 Desember 2019 – 3 Agustus 2020.

Syafril menempuh dunia Akademi Kepolisian sejak 1986. Dia lulusan Akpol 1986 dan berpengalaman dalam bidang reserse. Riwayat pendidikannya SMA Negeri 1 Kota Jambi (1982),

S1 Hukum Universitas Pancasila Jakarta (1997), Pasca Sarjana Hukum Universitas Bhayangkara Surabaya (2002).

Lalu, Pendidikan Kepolisian, AKABRI (1986), PTIK (1993), SESPIM (2001), SESPATI (2010).

Sementara itu, Pendidikan Kejuruan, Akpol (1988), Dikjur Palan Serse Umum (1989), Pendidikan Bahasa Inggris (1997), Dikjur Antiteror di USA (2001), Susjab Kapolres (2002), Assesment Gassus (2011). ***

Baca Juga:   Lagi, Oknum Polisi Diduga Bandar Sabu Diringkus

Wartawan: Mhd Juanda
Editor: Budiana ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here