JAMBI – Kualitas udara di Provinsi Jambi selama beberapa hari terakhir berada di level baik hingga sedang usai dilanda bencana asap beberapa pekan lalu.

Sehari sebelumnya kualitas udara justru terlihat membaik dengan PM10 di angka 40. Dan pada Minggu malam ini udara juga terlihat berawan dan langit cerah.

Sebagai mana dilansir BMKG titik panas dibeberapa daerah seperti Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Kaltim  terjadi peningkatan sebanyak 358 dengan total mencapai 1014 per 5 Oktober.

“Tadi mimin sudah update titik panas, sekarang mari kita fokus ke kualitas udara di beberapa kota yg terdampak asap. Hingga pukul 8 waktu setempat udara Jambi dan Pekanbaru berada dikategori sedang. Mari kita jaga alam bersama,” cuit BMKG dalam akun Twitter resminya @infoBMKG, Minggu (6/10/2019).

Bencana kabut asap yang terjadi sejak awal Agustus 2019 telah menimbulkan banyak dampak di berbagai sektor. Bahkan udara masuk dalam kategori berbahaya karena angka PM10 mencapai lebih dari 450.

Kondisi mulai membaik pada akhir September 2019 seiring mulainya turun hujan. Libur sekolah sudah dicabut, penerbangan sudah mulai normal, dan langit sudah mulai membiru.

“Alhamdulillah, asap sudah mulai berkurang semoga ini tidak terjadi lagi,” kata Yandri, warga Jambi Mendalo, kepada jambisiber.com.

Ia berharap aparat menindak tegas pelaku pembakar hutan dan lahan karena dampaknya dirasakan masyarakat luas.
“Semoga aparat kita menindak tegas pelaku pembakaran hutan di Jambi,” sebutnya. (ron)

Baca Juga:   Tiga Orang Calon Sekda Provinsi Jambi Lolos Seleksi Akhir, Ini Dia Namanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here