JAMBISIBER, Muarojambi – Kabut asap di Muarojambi kembali lagi meski sempat menghilang karena beberapa kali diguyur hujan. Kabut asap pekat ini terlihat pada Rabu (13/11).

Pantauan Jambipos, kabut asap terlihat menyelimuti Kota Sengeti pagi sekitar pukul 08.30 pagi hari. Kabut asap mulai berdampak pada jarak pandang terbatas dan udara yang bau menyengat.

“Pagi ini tebal sekali kabut asapnya, itu seberang Sungai Batanghari nggak kelihatan lagi. Terasa bau asapnya bikin sakit kepala,” terang seorang warga, Mawardi saat ditemui di tepi sungai Batanghari, Rabu (13/11/2019).

“Kaget aja, saya kira kabut asap sudah tidak ada lagi karena sudah ada hujan, tapi ternyata kembali tebal,” ujarnya.

Marleni, warga Kota Sengeti lainnya mengatakan, saat ini cuaca di Muarojambi diselimuti kabut asap tipis, namun tidak sampai mengganggu aktifitas warga.

“Saya sendiri tidak tahu kabut ini kiriman dari daerah tetangga atau memang kebakaran sejumlah lahan di Muarojambi atau daerah Jambi lainnya kembali terbakar. Meski begitu kabut asap saat ini tak cukup mengganggu aktifitas,” katanya.

Belum diketahui kabut asap yang menyelimuti Muarojambi tersebut bersumber dari mana. Namun, menurut warga kabut asap tersebut bisa jadi kiriman dari daerah lain karena saat ini tidak ada kebakaran hutan dan lahan di Muarojambi.

Padahal sebelumnya, status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi dinyatakan sudah berakhir, setelah wilayah ini memasuki musim hujan.  Penutupan Siaga Darurat itu ditutup langsung oleh Sekda Provinsi Jambi M Dianto di Makorem 042/Gapu pada Ahad lalu. (ron)

Baca Juga:   Majukan UMKM, APJI Muarojambi Dibentuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here