JAMBISIBER.COM – Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Isi dari Sumpah Pemuda meliputi:

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedua
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terurama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi Bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari penjajahan negara asing.

Sejarah tersebut yang membuat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari spesial dan bersejarah di mana para pemuda dan pemudi menggelorakan semangat untuk meraih kemerdekaan pada 1928.

Di sisi lain, dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi Bangsa Indonesia. Itulah mengapa perlunya setiap warga Indonesia mengetahui makna Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda juga mengandung nilai-nilai yang perlu diketahui.

Apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda?

1) Nilai Cinta Bangsa dan Tanah Air

Nilai dalam Sumpah Pemuda yang pertama ialah cinta bangsa dan tanah air. Karena dalam ikrar Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 1928, terdapat makna satu tanah, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia. Hal ini yang merupakan wujud dari adanya rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia. Mempunyai rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia, itu berarti bahwa setiap warga Indonesia wajib untuk setia serta bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Baca Juga:   Kenormalan Baru yang Tidak Normal

Di era pandemi covid-19 ini yang menjadi wujud dari bukti cinta terhadap tanah air ialah dengan cara kita mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan cara ini kita menjaga Tanah Air kita untuk segera pulih dari ancaman covid-19 dan kita dapat melakukan aktivitas kita seperti biasa dan dapat jauh lebih memeriahkan hari-hari besar lainnya seperti hari Sumpah Pemuda.

2) Nilai Sikap Berkorban

Terkait nilai cinta bangsa dan tanah air, kita juga tak lepas dari nilai akan sikap rela berkorban dalam Sumpah Pemuda. Rela berkorban berarti ikhlas atau rela untuk memberikan apa pun yang dimilikinya demi kepentingan bangsa dan negara.

Di era covid-19 ini yang menjadi contoh dari sikap rela berkorban ialah orang-orang yang rela menjaga dan merawat mereka yang terpapar virus covid-19. Mereka rela melakukan penanganan-penanganan terbaik agar yang terkena covid-19 dapat sembuh kembali.

3) Nilai Persatuan

Sumpah Pemuda juga mengandung nilai persatuan. Ini dapat dilihat dari dasar Sumpah Pemuda, yang dirumuskan dan diikrarkan pemuda dari berbagai daerah, suku, agama, hingga golongan yang berbeda-beda. Walau terdapat perbedaan ini bukan menjadi penghalang bagi pemuda-pemuda Indonesia untuk bersatu. Nilai ini sangat menerima dan menghargai perbedaan, karena perbedaan itulah yang menyatukan kita.

Di masa Covid-19 yang merujuk ke nilai persatuan atau nilai yang menerima dan menghargai perbedaan ialah ketika para pejuang atau perawat pasien Covid-19 tidak membeda-bedakan mereka siapa, mereka dari kalangan atas, atau mereka dari keluarga sendiri yang akan jauh lebih diutamakan, akan tetapi mereka bersikap adil tanpa harus membeda-bedakan.

Dimasa Covid-19 ini para pemuda diharapkan mampu menjadi garda terdepan atau orang – orang yang mampu membimbing para anak-anak muda untuk menjadi contoh yang baik. Para Pemuda juga dapat ikut serta dalam penangan covid-19 dengan cara menjadi bagian dari kesehatan seperti mengajak para masyarakat untuk mengikuti vaksin untuk mematikan rantai penyebaran covid-19 di negeri kita ini.

Baca Juga:   Bikin Salut, Ini Usaha Sederhana Anak Konglomerat Putri Tanjung

Sumpah Pemuda juga berperan sangat penting dimasa covid-19 ini. Ditengah suasana sulit yang menimpa bangsa Indonesia akibat serangan covid-19, disinilah peran aktif kaum pemuda untuk berupaya memutus rantai penularan virus mematikan ini.

Mari jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sebagai momentum bersatu dan bangkitnya para pemuda Indonesia untuk bersatu menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, dan ikut serta memutuskan rantai penularan covid-19 dengan cara mengikuti progam tiga (3) M dari pemerintah yaitu mencangkup :

1) Memakai masker

2) Menjaga jarak, dan

3) Mencuci tangan setiap melakukan aktivitas di luar rumah.

Ayo para pemuda Indonesia bersama-sama ikut serta dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

Berpikir Bergerak, Bergerak Berpikir
MERDEKA.***

Oleh: Ade Nurliana Panjaitan | Anggota Lingkar Studi Mahasiswa Marhaenis | Mahasiswa FKIP Universitas Jambi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here