JSICOM, BUNGO — Gelar adat Dusun Peninjau Kecamatan Batin II Pelayang resmi dikukuhkan, Senin 27 Juli 2020. Acara pengukuhan tersebut langsung di hadiri Bupati Bungo H. Mashuri.

Acara tersebut berjalan aman dan lancar. Setelah selesai melaksanakan pelantikan dan gelar adat, Bupati H Mashuri mengucapkan selamat kepada Datuk Rio Dusun Peninjau yang telah dilantik sebagai Datuk Rio Patih.

Bupati mengatakan acara gelar adat ini wajib dilaksanakan sebagai adat istiadat yang sah dan harus dilaksanakan sebagai kearifan lokal.

“Melalui sumpah gelar adat ini semoga dapat menjalankan amanah adat untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati.

“Pemimpin itu hendaknya ibarat sebatang pohon, batangnyo besak tempat, besandar, daunnya rimbun tempat belindung ketiko hujan, tempat beteduh ketiko panas, akarnya besak tempat besilo, pegi tempat betanyo, balik tempat, babarito,” Pesan Bupati.

Sementara itu, Camat Batin II Pelayang Marwilisman yang hadir dalam pengukuhan gelar adat tersebut menyampaikan, seorang pemimpin juga wajib memiliki kebijaksanaan dalam tata pemerintahannya.

“Negeri aman padi menjadi, aek bening ikannya jinak, rumput mudo kerbonyo gemuk, idak ado silang yang dapat dipatut, idak ado kusut yang dak dapat diselesaikan, idak ado keruh nang dak dapat dijernihkan,” pesan Camat.

Ia menyampaikan, negara aman padi berhasil, air bening ikannya jinak, rumput muda, kerbaunya gemuk, tidak ada saling sengketa yang dibolehkan, tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, tidak ada keruh yang tidak dapat dijernihkan,” ujar camat disela-sela acara.

Dalam pengukuhan ini, Datuk Rio Peninjau dikukuhkan oleh Ketua LAM Kecamatan Batin II Pelayang M. Nasir dengan Gelar Rio Patih

Gelar adat Rio Peninjau dihadiri oleh Bupati, Sekda, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Bungo, Ketua TP PKK Kecamatan beserta anggota, Kepala UPT dalam Batin II Pelayang, Ketua LAM Kecamatan Rio beserta Ibu Ketua TP PKK dusun se-Kecamatan Batin II Pelayang, BPD Peninjau beserta anggota dan undangan lainnya. (Hadi Chandra)

Baca Juga:   Dusun Seberang Jaya Sukses Gelar Pemilihan BPD Periode 2020-2026, Berikut nama nama yang terpilih

 

Editor: Budiana ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here