Beranda Kota Jambi Polisi Ringkus Komplotan Spesialis Pembobol Alfamart dan Indomaret di Jambi

Polisi Ringkus Komplotan Spesialis Pembobol Alfamart dan Indomaret di Jambi

316
Kaporesta Jambi Kombes Pol Dover Christian didampingi Wakapolresta AKBP Pol Ruli saat melaksanakan Press Conference di Mapolresta Jambi. (Foto: Ron's)

JSICOM, JAMBI – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jambi berhasil meringkus dua pelaku pembobol Indomaret dan Alfamart di Kota Jambi.

Kedua pelaku merupakan warga Jalan TP  Sriwijaya Perum Baruga Kejayaan Rt 18 Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, Edi Sukamto (45) dan Suparno (47).

Kapolresta Jambi, Kombes Pol Dover Christian menjelaskan, pengungkapan kasus tersebut bermula dari insiden pembobolan Indomaret di Jalan H. Agus Salim Rt 19 Kelurahan Handil Jaya Kecamatan Jelutung.

“Saat dicocokkan, kasus tersebut sama dengan modus pembobolan yang terjadi di Alfamart di Jalan Pattimura Rt 04 Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo dan Alfamart di Jalan Poros Aurduri Rt 35 Kelurahan Kenali Besar pada tanggal 30 September 2020 lalu,” terang Dover saat Pelaksanaan Press Conference di Mapolresta Jambi, Sabtu 20 Februari 2021.

Menurutnya, peran Edi merupakan yang melakukan pengerusakan terhadap dinding Toko Alfamart dan Indomaret dan mengambil barang. Pelaku merupakan Residivis dan sudah 1 (Satu) kali dihukum Pidana dalam perkara Curat atau Bongkar konter handphone.

“Sementara Suparno mengawasi keadaaan sekitar TKP. Pelaku juga merupakan residivis dan sudah 2 (dua) kali dihukum Pidana dalam perkara penganiayaan dan curanmor,” jelasnya.

Lanjut Dover, tindak pidana ini terjadi pada hari Jumat, tanggal 15 Januari 2021 sekira pukul 06.30 Wib, di mana saat karyawan Indomaret hendak melaksanakan dinas pagi mendapati bahwa dinding beton Indomaret telah jebol dan barang barang di Indomaret telah hilang berupa rokok, susu, cokelat dan uang di laci kasir telah hilang. Total kerugian diperkirakan Rp20.922.136.

Juga pada hari Jumat tanggal 27 November 2020 sekira pukul 06.40 Wib saat karyawan Alfamart hendak melaksanakan dinas pagi mendapati bahwa kondisi toko telah dalam keadaaan berantakan dan dinding toko telah dijebol.

Baca Juga:   Ayo ke Museum Siginjei, Ada Pameran Perangkap Ikan Prasejarah

Kerugian berbagai macam jenis rokok, berbagai jenis minuman Susu, berbagai jenis makanan cokelat yang diperkirakan senilai Rp28.366.025. Sedangkan pembobolan berikutnya pada Rabu tanggal 30 September 2020 di Alfamart Jalan Poros Aurduri Rt 35 Kelurahan Kenali Besar sekira pukul 06.30 Wib. Diketahui pada saat karyawan hendak melaksanakan dinas pagi mendapati kondisi dinding toko telah dijebol dan banyak barang di toko telah hilang berupa berbagai macam jenis rokok, berbagai jenis minuman susu, berbagai jenis makanan cokelat yang diperkirakan senilai Rp22.959.346.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh Tim
Macan Polsek Kota Baru dan Tim Libas Polsek Jelutung berhasil mengamankan dua orang tersangka yang sedang berada di rumahnya yang beralamat di Jalan TP Sriwijaya Perum Baruga Kejayaan Rt 18 Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Adapun barang bukti yang diamankan, satu SPM Honda Scopy warna Putih, satu Buah Bor Tangan, empat mata bor ukuran besar, satu Tang potong, satu tali tambang panjang 2 Meter, dua karung putih bertulisan PSM, satu kotak susu bubuk rasa madu, satu mesin trends merk modern warna hijau dan tiga buah mata grinda.

Selain itu, peralatan lain yang digunakan pelaku saat beraksi diantaranya satu besi padat dengan ujung runcing dililit karet ban panjang 80 cm berserta sarung dan satu buah martil gagang kayu panjang 35 cm.

Kini, keduanya ditahan di ruang tahanan Mapolresta Jambi guna penyidikan lebih lanjut. Termasuk seluruh barang bukti hasil tindak pidana pencurian keduanya, kini telah diamankan di Mapolresta.

“Mereka dikenai Pasal 363 Ayat (1) ke-4e dan ke-5e. Diancam dengan pidana paling lama tujuh tahun penjara,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here