JSICOM, TANJAB BARAT — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tanjung Jabung Barat bersama Korps HMI-wati (KOHATI) membuat bubur Asyura dan membagikannya kepada masyarakat serta anak yatim piatu.

Hal ini dilakukan karena sudah menjadi tradisi membuat bubur asyura di bulan Muharam tepatnya tanggal 10 kalender Hijriyah dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) terkhusus di kota Kuala Tungkal.

Baca juga: Polres Tanjabbar Tangkap Mentor Cabuli Siswi dengan Modus Bimbel Online di Betara

Selain itu, tradisi yang dilakukan sejak turun temurun setiap memasuki 10 muharram ini, umat muslim juga disunahkan berpuasa yang disebut Ashurillah al-Hurum yaitu bulan Allah yang mulia.

Ketua Umum HMI Cabang Tanjabbar, Samsudin, menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan yang dilaksanakan setiap 10 muharram sebagai bentuk amalan dan menjalin tali silturahmi antara kader HMI alumni dan masyarakat sekitar, Sabtu (29/08/2020).

Baca juga: KPU Tanjab Barat Umumkan Pendaftaran Paslon Bupati dan Wabup Pilkada Tahun 2020, Ini Jadwalnya

“Ada sekitar 100 bungkus bubur yang sudah kita bagikan kepada masyarakat sekitar dan anak-anak yatim piatu di kota Kuala Tungkal ini, dan sisanya nanti untuk kader-kader yang akan berbuka puasa pada hari ini,” tutur Samsudin

Selanjutnya, ia menambahkan semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan nilai-nilai keislaman dan ke-indonesia-an yakni rasa saling menghargai antar sesama dan melestarikan budaya yang telah ratusan tahun dilaksanakan.

“Tentu harapan kita agar tradisi unik ini menjadi jalan untuk kita tetap berbuat kebaikan dan mempererat tali silaturahmi kepada sesama kader HMI, alumni dan masyarakat serta anak yatim piatu.” Tutupnya. (sya)

Baca Juga:   Saat Suami Tak di Rumah, Pria Ini Nekat Perkosa Istri Temannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here