JSICOM, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi dan Pengurus Masjid Agung Alfalah Jambi mengelar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah, Rabu (19/08/20) petang.

Acara tersebut dihadiri Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Kapolda Jambi Irjen Pol. Firman Santyabudi dan Danrem 042/ Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto serta Ustadz Dr. H. M. Hasbi Ash Shiddieqi, M.Ag selaku penceramah dan memimpin dzikir bersama.

Gubernur Jambi H. Fachrori Umar dalam sambutannya mengemukakan Tahun Hijriah merupakan momentum seluruh umat muslim untuk memperbaiki sikap mental dan perilaku, terlebih di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda negeri ini khususnya Provinsi Jambi.

Menurut Fachrori, peristiwa hijrah merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan agama Islam diseluruh dunia, dimana telah ditetapkan sebagai permulaan dalam penanggalan Islam sehingga dikenal dengan Tahun Hijriah.

“Tahun Baru Hijriah sendiri memiliki Semangat dan nilai nilai tersendiri, yaitu Semangat dan nilai nilai untuk melakukan segala perubahan menuju keadaan yang lebih baik lagi dalam segala bidang,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, saat ini umat Islam harus memaknai hijrah sebagai momentum dalam memperbaiki sikap mental dan perilaku, sehingga dapat mendorong kemajuan pada berbagai bidang.

“Kita harus benar benar hijrah dari pertikaian dan perpecahan menjadi persaudaraan dan persatuan, hijrah dari sikap mementingkan diri sendiri dan golongan menjadi sikap peduli untuk kepentingan bersama dan masyarakat, terlebih ditengah wabah covid-19 yang sedang melanda,” jelas Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori mengingatkan, masyarakat Jambi bisa memperbaiki sikap mental dan perilaku untuk memaknai Tahun Baru 1442 H dengan melakukan disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Baca Juga:   Sertijab Kepala BPK Perwakilan Jambi, Yuan Candra Djaisin Gantikan Hery Ridwan

“Saat ini, kita harus benar benar merubah mental dan perilaku untuk menjadi lebih peduli terhadap masyarakat dan kepentingan bersama. Kita harus bergotong royong dan saling membantu, meningkatkan kepedulian, khususnya dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di Provinsi Jambi,” lanjut Fachrori. (*)

Editor: Budiana ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here