Beranda MEDSOS Mulai Hari Ini, Anak di Bawah Umur 13 Tahun Dilarang Pakai Instagram

Mulai Hari Ini, Anak di Bawah Umur 13 Tahun Dilarang Pakai Instagram

153
Foto: Ilustrasi/net
JAMBISIBER, Medsos – Pada hari ini Instagram telah meresmikan peraturan baru di platformnya dengan fokus memperketat aturan bahwa yang bisa membuat akun baru Instagram harus berusia di atas 13 tahun.
“Mulai hari ini, Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna ketika mereka membuat akun di Instagram. Berdasarkan Ketentuan Penggunaan, pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara,” tulis keterangan Instagram.
Nantinya Instagram akan meminta pengguna yang baru mendaftar untuk memasukkan tanggal lahir sebagai upaya agar tidak ada pengguna yang berada di bawah umur berada di platform tersebut. Berarti, aturan ini tampaknya tak berlaku untuk pengguna yang sudah kadung mendaftar meski di bawah umur.
Jika pengguna menghubungkan akun Facebook ke akun Instagram, maka akan ditambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. Informasi ini bukan informasi umum, hanya pengguna yang dapat melihatnya. Apabila pengguna mengedit tanggal lahir di Facebook, di Instagram juga akan berubah.
Jika pengguna tidak memiliki akun Facebook atau tidak menghubungkan akun Facebook dengan Instagram, pengguna dapat menambahkan atau mengedit tanggal ulang tahun mereka langsung di Instagram
Langkah ini dilakukan Instagram untuk membuat para penggunanya khususnya kalangan milenial menjadi lebih aman dan menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna.
Dalam beberapa bulan mendatang, Instagram juga akan menggunakan informasi tanggal ulang tahun penggunanya untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal, misalnya memberikan edukasi seputar kontrol akun dan rekomendasi pengaturan privasi bagi anak remaja.
Selain itu Instagram juga memberikan fitur baru untuk membantu pengguna mengontrol siapa saja yang dapat mengirimi mereka pesan Direct di Instagram.
Jadi pengguna dapat mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti saja yang dapat mengirimkan mereka pesan dan menambahkan pengguna ke dalam sebuah percakapan grup. Orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti.
“Semua pembaruan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Instagram dalam memastikan layanannya tetap menjadi tempat yang aman dan mendukung komunitas Instagram, khususnya bagi para pengguna muda,” tutup Instagram.
Sumber: detik.com
Baca Juga:   Bukan hanya Indonesia, WhatsApp Down di Seluruh Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here