JSICOM, JAMBI — Apresiasi tinggi disampaikan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi kepada Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terlebih, Kapolda Jambi menurut Pangdam memiliki inovasi luar biasa dalam hal pencegahan, dengan mendirikan command center yang dilengkapi aplikasi Asap Digital.

Diketahui, aplikasi Asap Digital Polda Jambi dilengkapi Closed-Circuit Television (CCTV) yang mampu memantau secara dini dan cepat potensi kebakaran.

“Menurut Saya ini ide Kapolda yang luar biasa. Karena dengan asap digital ini, Kita dari sini sudah bisa mendeteksi. Jangankan api, asap saja sudah bisa terdeteksi.”

“Sehingga pencegahannya, penanggulangannya akan lebih cepat. Jadi itu yang luar biasa ini menurut saya,” ujar Pangdam kagum usai melihat aplikasi Asap Digital di ruang command center Polda Jambi, Selasa (8/9/2020) siang.

Ditanya apakah provinsi lain telah memiliki apliasi serupa, Pangdam mengatakan Sumsel memiliki tapi tidak secanggih dan akurat milik Polda Jambi.

“Di Sumatera Selatan itu sebenarnya sudah, tapi Kita hanya bisa memantau asap dan personil tidak real time.”

“Kalau di Polda Jambi ini ada CCTV yang memberikan gambaran kita secara nyata di lapangan seperti itu,” ujar Pangdam kagum.

Saat melihat aplikasi, Pangdam mendapatkan penjelasan dari Kapolda Jambi.

Tampak hadir Waka Polda Jambi Brigjen Pol Dul Alim, Dirreskrimsus Kombes Pol Edi Faryadi serta pejabat utama Polda Jambi lainnya. Selanjutnya, Kapolda menjamu Pangdam dan rombongan makan siang di gedung Siginjai. (Penremgapu)

Baca Juga:   Mengenang Kembali Perjuangan Pahlawan Jambi Sultan Thaha Syaifuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here