Beranda Kota Jambi Ombudsman: Usulan Pembangunan di Jambi Jangan Hanya Sekedar Formalitas

Ombudsman: Usulan Pembangunan di Jambi Jangan Hanya Sekedar Formalitas

29
Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi, Dr. Jafar Ahmad. (Foto: Istimewa)

JSICOM, JAMBI – Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi, Dr. Jafar Ahmad mengatakan, mengenai usulan pembangunan tidak hanya sekedar formalitas.

Hal ini disampaikannya pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Jambi, pada Selasa, (26/1/2021) kemarin.

Ombudsman Jambi meminta agar Musrenbang sebagai wadah untuk menampung usulan masyarakat tidak hanya menjadi kegiatan formalitas saja. Pemerintah Kota Jambi harus menjadikan hasil Musrenbang sebagai bahan dalam merencanakan pembangunan kota.

Pemkot juga perlu mempertimbangkan usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam memutuskannya.

“Kita juga mendukung kegiatan Musrenbang. Kita berharap juga DPRD dapat mendengarkan usulan-usulan hasil dari hasil Musrenbang dalam membuat keputusan, tentunya tetap dengan mengikuti skala prioritas. Jangan sampai DPRD mendengar aspirasi dari pihak lain sebelum mendengar aspirasi masyarakat”, kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi, Dr. Jafar Ahmad, pada selasa 26 Januari 2021 yang dikutip dari surat kabar Jambi Independent.

Jafar menyampaikan warga Kota Jambi mulai mengajukan usulan pembangunan melalui e-planning Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jambi.

Menanggapi hal tersebut, Ombudsman Jambi berharap dengan sistem e-planning Bappeda dan hasil rapat DPRD akan sesuai dengan keinginan masyarakat tanpa disusupi oleh kepentingan politik. “Kita berharap dengan sistem e-planning Bappeda dan keputusan DPRD kegiatan ini tidak disusup oleh kepentingan politik yang kurang akomodatif sehingga dapat selaras dengan kebutuhan masyarakat”, kata Jafar Ahmad.

Ombudsman Jambi sebagai pengawas pelayanan publik akan turut andil untuk mengawasi kegiatan perencanaan pembangunan tersebut. Ombudsman Jambi juga mengajak masyarakat untuk turut serta melaporkan apabila dalam kegiatan tersebut terjadi maladministrasi.

Masyarakat dapat melaporkan dugaan maladministrasi dengan mengunjungi Kantor Ombudsman Jambi di Jl. Empu Sendok No. 07, RT.17, RW.05 Kelurahan Solok Sipin, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi 36121. Atau juga dapat melalui layanan telepon atau WA di Telp. 0741-3066814, WA 08119593737, serta melalui Email jambi@ombudsman.go.id.

Baca Juga:   Ayo ke Museum Siginjei, Ada Pameran Perangkap Ikan Prasejarah

Reporter: Eric

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here