Beranda NUSANTARA Ngeri! Susuri Sungai saat Pramuka, 249 Siswa SMP Terseret Arus Deras, 7...

Ngeri! Susuri Sungai saat Pramuka, 249 Siswa SMP Terseret Arus Deras, 7 Meninggal

Siswa yang terseret arus diselamatkan tim pencarian. Korban tewas yang ditemukan telah dievakuasi - net
JSICOM, Sleman – Ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi, Sleman dikabarkan hanyut terseret arus.
Hal ini bermula dari kegiatan pramuka yang dilakukan oleh para siswa tersebut di sungai Sempor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Jumat (21/2/2020).
Namun kegiatan tersebut justru berakhir dengan musibah.
Berdasarkan informasi yang dilansir JSICOM dari Harianjogja.com sejumlah siswa yang hanyut terbawa arus sungai sebagian belum ditemukan.
Adapun jumlah siswa yang mengikuti susur sungai sebanyak 249 orang. Mereka terdiri dari 124 siswa kelas VII dan 125 siswa kelas VIII.
Kesaksian warga
Warga di sekitar lokasi Sungai Sempor memberikan kesaksian terkait hanyutnya ratusan siswa pramuka SMPN 1 Turi Sleman, DI Yogyakarta, dalam acara susur sungai.
Saat siswa menyusuri sungai kondisi belum hujan dan air sungai belum begitu deras. Sekitar pukul 14.30 siswa mulai menyusuri sungai. Tiba-tiba sungai di lereng Merapi melupa karena bagian atas hujan lebat mengguyur.
Tartono, Kepala Dusun Dukuh, Donokerto, Turi, Sleman, lokasi yang dilewati Sungai Sempor mengungkapkan, kegiatan pramuka itu dimulai sekitar pukul 14.00 WIB.
Sekira setengah jam kemudian, warga dikagetkan dengan kabar siswa tenggelam. “Warga langsung ke sungai semua,” kata Tartono.
Menurut dia, saat susur sungai berlangsung, lokasi kejadian hanya mengalami hujan gerimis. Namun cuaca di wilayah utara sungai hujan deras.
“Tiba-tiba ada air. Utara mungkin hujan,” kata Tartono. Ia menyebut air yang menyeret ratusan siswa itu berasal dari hulu.
Menurutnya, Sungai Sempor saat tak ada banjir hanya sedalam sekitar setengah meter. Namun saat ada banjir kedalaman mencapai hingga satu setengah meter.
Hingga berita ini diturunkan sejumlah siswa masih dilaporkan hilang dan ratusan lainnya ditemukan selamat meski sebagian mengalami luka-luka.
Jumlah korban siswa SMPN 1 Turi Sleman yang meninggal sampai Sabtu 22 Februari 2020 tercatat tujuh siswa.
Sumber : Harianjogja.com
Baca Juga:   Tak Terima Tagihan Listrik Rp 26 Juta per Bulan, Nikita Ngamuk Semprot PLN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here