JSICOM, JAMBI – Beredarnya kabar tentang pembangunan jalan tol yang menghubungkan Jambi – Riau tampaknya segera teralisasi. Sebab, rencana pembangunan Tol Jambi – Rengat saat ini sudah masuk pada tahap penyerahan dokumen pengadaan lahan.
Penyerahan dokumen tersebut langsung dari Kementerian PUPR dan Hutama Karya kepada Gubernur Jambi Fachrori Umar, Rabu (17/6) kemarin.
Dokumen tersebut beriisi perencanaan trase tol Jambi – Rengat sepanjang 198 kilometer, atau khusus untuk Jambi ada sepanjang 116,5 kilometer. Jalur tol ini akan melewati dua kabupaten, yakni Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Barat.
Koordinator lahan JTTS PT Hutama Karya, Ilham Desri menjelaskan, jalur tol tersebut akan melewati 6 kecamatan dari 2 kabupaten di Provinsi Jambi.
“Untuk kecamatan di Muaro Jambi ada Kecamatan Jambi Luar Kota dan Kecamatan Sekernan, lalu untuk Kabupaten Tanjabbar ada empat kecamatan yakni Muara Papalik, Tungkal Ulu, Tebing Tinggi dan Batang Asam,” jelas Ilham.
Dijelaskan Ilham lebih lanjut nantinya ketika rampung, Tol Jambi- Rengat ini akan tersambung ke trase lain yakni Betung-Tempino yang prosesnya sedikit lebih lambat dibanding Jambi -Rengat.
“Nanti seperti jalan lingkar di pinggir kota, karena kan tol tak boleh masuk kota, oleh karena itu Jambi-Rengat titik nol ada di Muaro Jambi, dan akan survey,” pungkasnya. (hd)
Baca Juga:   Ini Data 6 Kasus Positif Corona di Jambi Hari ini, di Antaranya Dua Balita Laki-laki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here