JAMBISIBER, Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan ada beberapa instansi di tingkat pusat yang pendaftarannya diundur dalam seleksi CPNS 2019. Instansi yang dimaksud antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kejaksaan Agung akibat mengalami masalah dalam menginput data.

“Ada beberapa instansi yang tadi sudah menyampaikan ada perbaikan data formasi. Ada Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, Kejaksaan Agung dan BUMN juga agak mundur menunggu besok kemungkinan,” ujar Paryono di kantor BKN, Jakarta pada Senin (11/11).

Mulanya, ada 68 instansi pusat yang membuka lowongan di 37.425 formasi. Namun, jumlah itu akan berkurang berkenaan dengan 7 instansi harus diundur pendaftarannya.

Sementara itu, ada 425 instansi daerah dengan lowongan di 159.250 formasi. BKN menargetkan setidaknya 300 instansi hari ini sudah bisa melakukan pengumuman dan pendaftaran.

Sementara itu Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto mengatakan, bagi sejumlah instansi yang pendaftarannya diundur, penutupan pendaftaran akan disesuaikan hingga dua minggu setelah dibuka.

“Pengumuman dan pendaftaran 14 hari. Kalau [pembukaan pendaftaran] mundur, penutupannya juga mundur. Kalau dikurangi akan melanggar aturan,” ujar

Aris menjelaskan setiap instansi diberi keleluasaan untuk menambahkan syarat administrasi. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan formasi masing-masing.

“Instansi lain berbeda jabatan, persyaratan bisa berbeda. Tapi BKN sudah menyampaikan, menyarankan bahwa persyaratan jangan sampai memberatkan peserta,” tuturnya.

Pendaftaran CPNS sendiri baru bisa dilakukan pada pukul 23.11 WIB melalui situs sscn.bkn.go.id.

Sumber: cnn Indonesia

Baca Juga:   Bertambah, Pasien Positif Corona di Indonesia Menjadi 117 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here