Beranda DAERAH Mantap Betul, Kreasi Bang Toyib Ubah Sampah Jadi Emas

Mantap Betul, Kreasi Bang Toyib Ubah Sampah Jadi Emas

729
Lukisan dari bahan limbah kertas dan Vas Bunga dari bahan botol plastik bekas diubah jadi barang bernilai ekonomis. (Foto Istimewa)
JAMBISIBER, Jambi – Super, ungkapan itulah yang patut digambarkan untuk pria asal Palembang ini yang telah berinovasi dengan menghasilkan mahakarya solutif atas persoalan sampah di Jambi selama ini. Ia berhasil mendaur ulang sampah menjadi sebuah benda yang bernilai ekonomis.
Ya, dialah Muhammad Toyib (Mangcek). Pria ini mampu berkarya di dalam jeratan momok permasalahan terbesar di negeri ini. Sampah berhasil disulapnya menjadi sebuah nilai seni yang banyak orang tidak mengira. Berawal dari sebuah rasa kepedulian terhadap lingkungan, Mancek akhirnya mendirikan Bang Toyib Galery.
Kepada jambisiber.com, Minggu (5/1) Mangcek bercerita awal mula mendirikan Bang Toyib Galery melihat dari banyaknya posting di media sosial terkait problem sampah. Setelah melakukan sejumlah survei di beberapa lokasi, betapa terkejut dirinya saat menjumpai banyak tumpukan sampah yang mulai menggunung di mana-mana ada yang di sungai bahkan ada yang dibuang ke jalan.
Dengan hati dipenuhi rasa iba akan lingkungan yang sudah terzalimi ini, Mangcek pun pulang dan melakukan sejumlah eksperimen dengan bahan sampah tersebut.
Sejumlah eksperimen pun dilakukannya, namun gagal. Akan tetapi, usaha yang gigih disertai niatan baik untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Jambi mulai membuahkan hasil. Setelah kesekian kalinya, eksperimen tersebut pun berhasil. Dia berhasil menemukan sebuah formula ajaib untuk memfermentasikan sampah bisa dibentuk ke dalam berbagai macam bentuk.

Untuk bahan baku sendiri dia dapatkan dari hasil berburu sampah ataupun sumbangan sampah dari sejumlah masyarakat lainnya. Bahkan, tempatnya kini banyak karya seni yang telah dihasilkannya dari sampah.

Salah satunya vas bunga dari sebuah botol kaca bekas. Dihiasinya menjadi cantik. Mahakaryanya semakin elok saat sudah dipoles dengan sentuhan warna-warni. Tak ayal, barang daur ulang ini mampu menghasilkan nilai ekonomis. Harga yang dibanderol pun cukup murah, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Selain itu, Bang Toyib Galery menerima pesanan desain partisi dari bahan daur ulang diantaranya mengerjakan perdam, ruangan studio, lukisan timbul, vas bunga, patung, miniatur dan lain-lain.

Meskipun berharga murah, niat Mangcek untuk tetap mendaur ulang sampah ini terus berlanjut. Menurutnya, apa yang telah dirinya lakukan ini bukan semata wayang untuk kepentingan ekonomi saja.

Dia berharap, dengan apa yang sudah dikerjakannya ini menjadi sebuah pemicu bagi masyarakat untuk bersama-sama mengelola sampah agar tidak menjadi sumber masalah selama ini.
“Ini bukan soal nominal, tapi bagaimana dengan kegiatan ini sampah di Kota Jambi minimal bisa mengurangi dari tingkat sumbernya,” jelas Mangcek
Selain itu Bang Toyib Galeri juga memfasilitasi pelatihan daur ulang sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.
Menurutnya, pelatihan semacam ini, selain memberikan penyadaran terhadap masyarakat berkenaan dengan sampah, juga menjadi salah satu metode baru dalam meningkatkan produksi ekonomi kerakyatan.
Mangcek berharap, para peserta setelah mengikuti pelatihan itu dapat mengolah plastik yang awalnya tidak bernilai, menjadi memiliki nilai lebih dan memberikan fungsi pakai baru sehingga masa pakai pun menjadi lebih lama.
“Berbagai kerajinan dari sampah plastik bekas ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, hal ini juga akan meningkatkan ekonomi kerakyatan,” paparnya.
Mangcek menghimbau bagi warga Jambi yang ingin mengikuti pelatihan daur ulang sampah bisa datang ke alamat Bang Toyib Galery di Jalan Lingkar Barat Perumahan Bougenvill Lestari Blok CN 11 No 1 RT 23, Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, (Daerah Simpang Rimbo). Yang berminat juga bisa menghubungi ke No Telepon dan WhatsApp 08227834 4303/085376661240. (ron)
Baca Juga:   Indah Banget! Camping di Pinggir Danau Ugo Bikin Betah Berlama-lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here