JAMBISIBER, Kota Jambi – Para siswa Sekolah Dasar Negeri 184/IV Kota Jambi, dilatih mengolah limbah sampah anorganik menjadi karya kerajinan tangan yang bernilai.

Guru SD Negeri 184/IV Kota Jambi, Agus Saribudiana, S.Pd menyebutkan, berbagai limbah sampah anorganik yang menjadi bahan dasar untuk keterampilan siswa antara lain, botol plastik, gelas plastik, kardus dan lain sebagainya.

“Limbah sampah, botol plastik minuman dikumpulkan anak-anak untuk diolah menjadi barang kerajinan yang bermanfaat,” katanya, saat dijumpai Jambisiber di Tehok, Sabtu(9/11)

Ia mengatakan ide ini dilakukan untuk menuangkan kreativitasnya siswa melalui pengolahan limbah sampah menjadi berbagai barang kerajinan, seperti vas bunga, pigura, tempat pensil, hiasan lampu, tempat tisu, dan bunga.

“Kita tentukan dahulu kerajinan yang hendak dihasilkan, berdasarkan berbagai sampah yang terkumpul,” ujarnya.

Pengolahan sampah menjadi hasil hastakarya ini juga menguji inovasi dan kreativitas siswa. Jelasnya, secara tidak langsung, siswa bakal belajar membuat barang baru yang kembali bisa dimanfaatkan dari sampah yang sudah terkumpul.

“Sampah yang kami dapat ini kemudian dimanfaatkan untuk hasil karya siswa. Tujuannya agar para siswa menjadi kreatif. Karena barang yang awalnya sampah bisa berfungsi,” ucapnya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya pengolahan sampah selain untuk mengembangkan jiwa kreativitas juga menanamkan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kegiatan seperti ini semoga dapat menjadi inspirasi. Terutama untuk sekolah lain. Sehingga kita semua peduli terhadap lingkungan alam sekitar,” tandasnya. [ron]

Sebuah Bunga dari bahan baku botol plastik air mineral buatan siswa. F-Istimewa
Sebuah Bunga dari bahan baku botol plastik air mineral buatan siswa. F-Istimewa
Para siswa SDN 184 Kota Jambi memamerkan hasil kerajinan bunga berbahan baku limbah plastik. F- Istimewa
Para siswa SDN 184 Kota Jambi memamerkan hasil kerajinan bunga berbahan baku limbah plastik. F- Istimewa
Baca Juga:   Buruan Daftar! TNI AL Buka Penerimaan Calon Tamtama PK untuk Lulusan SMP/Sederajat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here