Beranda DAERAH Korem 042 Gapu tetap bersikap Netral pada Pilkada Serentak 2020

Korem 042 Gapu tetap bersikap Netral pada Pilkada Serentak 2020

59

JSICOM, Jambi – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli S.I. P,. M.M. yang diwakili Kasilog Kolonel Arm Budi Santoso menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penyiapan pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 di wilayah Jambi, bertempat di ruang rapat Kantor Gubernur Jambi, Jumat (27/11/2020) pukul 09.00 WIB.

Dalam rapat yang dipimpin Penjabat Gubernur Jambi Ir.Restuardy Daud,M.Sc tersebut dihadiri oleh Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK didampingi Karo OPS Kombes Pol Imam Setiawan, SIK, dan Dir Intelkam Kombes Pol Bondan Witjaksono, SH, SIK , MM, dan Kabid Humas Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi, Sekda Provinsi Jambi Sudirman dan Kabinda Brigjen Pol Irawan Davidsyah dan Instasi terkait.

Rakor membahas tentang persiapan pengamanan Pilkada serentak 2020 serta persiapan pembentukan pengawas TPS oleh Bawaslu, pelaksanaan rapid test, serta sosialisasi Perpu.

Disamping itu, juga dibahas tentang rekap jumlah TPS dan Panwas TPS di Provinsi Jambi berjumlah 8236 PTPS, penekanan lebih saat ini yakni mengikuti protokol kesehatan, mematuhi peraturan dalam berkampanye, agar tidak berkerumun, mengumpulkan massa dan paling utama mengikuti protokol kesehatan serta menciptakan pilkada yang aman, damai dan sejuk.

Kapenrem 042/Gapu, Mayor Inf RM. Hatta dalam rilis tertulisnya menjelaskan bahwa digelarnya rapat koordinasi ini adalah sebagai upaya untuk menyamakan persepsi dalam menentukan langkah-langkah pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 dalam rangka menciptakan kenyamanan dengan lancar dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 yang diikuti oleh seluruh stakeholder terkait pengamanan di wilayah Sumbagsel.

Menurut Hatta, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli S.I. P,. M.M. mengingatkan kepada prajurit jajaran, Prajurit TNI tidak mempunyai hak politik terutama tidak berpolitik praktis dan tidak memilih dalam Pemilu/Pilkada.

Baca Juga:   Api Hanguskan 16 Rumah di Rawasari, Diduga Lupa Matikan Listrik

“Seluruh Satuan dan Prajurit jajaran Korem 042/Gapu tidak mendukung salah satu Paslon dan tetap bersikap Netral pada Pilkada Serentak 2020”, ujar Hatta.

Danrem juga mengingatkan kepada Dansat jajarannya agar melaksanakan pengawasan yang ketat terhadap seluruh Prajurit TNI serta memberikan tindakan tegas terhadap anggota yang nyata-nyata tidak Netral dan memihak salah satu kontestan pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga menjelaskan terkait tugas-tugas TNI jajarannya dalam mendukung perbantuan kepada Polri, Pemda, KPU dan Bawaslu guna kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. “Pelihara dan tingkatkan hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa guna menciptakan kondisi wilayah yang aman, damai dan kondusif”, jelas Hatta.

“Selain itu, Danrem menyampaikan agar jajarannya melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab, berintegritas, semangat, tulus dan ikhlas, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan serta menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19”, tegasnya. (penremgapu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here