JSICOM, BUNGO — TP PKK Kecamatan Bathin II Pelayang menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pembinaan Dasawisma di Kecamatan Bathin II Pelayang, Kamis 13 agustus 2020.

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kecamatan Bathin II Pelayang, Rina Kartika, yang dihadiri Ketua TP PKK Dusun dan anggota se-Kecamatan Bathin II Pelayang.

Dalam rapat tersebut, Rina menyampaikan, Dasa wisma adalah kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 KK yang bertujuan untuk mempermudah jalannya suatu program.

“Seperti kegiatan pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi,adalah beberapa contoh tanggungjawab ketua dawis, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke ketua PKK,” kata Rina

Kegiatannya seperti, diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat, pengobatan ringan, membangun sarana tempat sampah dan kotoran.

Lanjut Rina, kelompok Dasawisma adalah kelompok ada yang terdiri dari 10 hingga 20 kepala keluarga dalam satu RT. Setelah terbentuk kelompok, maka diangkatlah satu orang yang memiliki tanggung jawab sebagai ketua.

Rina menjelaskan, pengembangan Dusun Siaga dilaksanakan melalui pembentukan Poskesdes, yaitu salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat ( UKBM ) yang dibentuk di dusun dalam rangka mendekatkan / menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa yang meliputi kegiatan peningkatan hidup sehat (promotif), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan (kuratif) yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya.

Juga katanya, Dusun Siaga dikembangkan melalui penyiapan masyarakat, pengenalan masalah, perumusan tindak lanjut pencapaian khususnya kesepakatan pembentukan Poskesdes dan dukungan sumberdaya.

Disampingi itu Rina menyampaikan,
dilakukan Pembinaan Dasawisma oleh Ketua TP PKK Kabupaten ke dusun-dusun dalam Kecamatan Bathin II Pelayang yang akan direncanakan pada tanggal 28 Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga:   Hendrik Terpilih Sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Bathin II Pelayang Masa Bhakti 2020-2025

Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat. Terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

“Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa, yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten,” pungkas

Direncanakan pembinaan ini akan langsung dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bungo, Ibu Dr. H. Verawaty Mashuri, M.Pd. (Hadi Chan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here