Beranda DAERAH Dua Kapolres Cek Lokasi Kerawanan TPS di Wilayah Tapal Batas Muaro Jambi...

Dua Kapolres Cek Lokasi Kerawanan TPS di Wilayah Tapal Batas Muaro Jambi – Batang Hari

173

JSICOM, Jambi – Dua Kapolres di wilayah hukum Polda Jambi melaksanakan pengecekan lokasi terkait kerawanan pembangunan TPS di Dusun Tanjung Mandiri di tapal batas wilayah Kabupaten Muaro Jambi dengan Kabupaten Batanghari, Kamis (3/12)

Pengecekan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto bersama Kapolres Batanghari, AKBP Heru Ekwanto yang dihadiri Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi AKBP Bagus Santoso.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto menyampaikan, informasi ini didapat dari laporan Kepala Desa Tanjung Lebar bahwa terdapat pro kontra pendirian TPS Kabupaten Batanghari di Dusun Tanjung Mandiri Desa Tanjung Lebar.

“Permasalahan adanya rencana pembangunan TPS 10 Ds Bungku di tengah dusun Tanjung Mandiri. Untuk pemilihan sebelumnya tidak ada TPS di lokasi.
Untuk wilayah Dusun Tanjung Mandiri memang belum memiliki kepastian hukum Tapal Batas berdasarkan Permendagri,” terangnya.

“Untuk terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama berlangsungnya tahap pemungutan dan hitung suara di lokasi mari bersama kita temukan solusi penyelesaiannya,” jelas Kapolres Muaro Jambi lagi.

AKBP Ardiyanto mengatakan, potensi kerawanan yang ada salahsatunya yakni potensi terjadi tindak pidana seperti, penganiayaan dan pengrusakan TPS oleh masyarakat dikarenakan penolakan tersebut.

“Adanya kekhawatiran masyarakat bahwa wilayah tersebut akan diklaim oleh Batanghari dengan adanya pendirian TPS, dari potensi gangguan tersebut maka mari kita diskusikan bersama solusi penyelesaiannya” pungkas Kapolres

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kab Muaro Jambi M Yusuf menyampaikan, untuk TPS Kab Muaro Jambi tidak ada permasalahan namun dari awal rencana pendirian TPS Kab Batanghari di Dusun Tanjung Mandiri memang ada penolakan dari masyarakat.

“Saya setuju dengan rencana mobilisasi pemilih yang diusulkan demi situasi Kamtibmas yang aman,” ujarnya.

Baca Juga:   Polda Jambi Evakuasi Keluarga yang Terjebak Banjir di Kota Baru

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD Batanghari, Kadir mengatakan, bahwa Jumlah TPS 10 Dusun VI Ds Bungku berjumlah 257 orang. Dari jumlah tersebut mereka tersebar di beberapa wilayah yakni Dusun VI, Alam Sakti dan Bukit Sinyal.

“Terkait jumlah pasti saya tidak memastikan namun berjumlah lebih dari 100 DPT, TPS 10 rencana akan kami bangun di depan rumah Ketua Dusun VI Tanjung Mandiri Ds. Bungku, dengan alasan mempermudah transpotasi da mendekatkan pemilih dengan TPS,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Batanghari AKBP Heru Ekwanto menyampaikan, selama Pilkada pihaknya akan selalu siaga dalam pengamanan agar pelaksanaan berjalan lancar dan aman.

“Kami dari Polres Batanghari pada intinya sama dengan Polres Muaro Jambi untuk hadir melayani masyarakat,” ujarnya.

Pda prinsipnya hal yang harus diutamakan adalah memelihara Kamtibmas agar terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif selama Pilkada serentak tahun 2020.

“Berdasarkan informasi yang saya dapat terdapat potensi kerawanan Kamtibmas di lokasi pembangunan TPS di Tapal Batas Ds Tanjung Lebar Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi dengan Ds Bungku Kabupaten Batanghari,” jelasnya.

Jika melihat jumlah penduduk masyarakat Kab. Batanghari lebih kecil jumlahnya dari masyarakat Kabupaten Muaro Jambi.

“Solusinya yang kami tawarkan ada dua poin yakni, berdasarkan keputusan bersama KPU Prov Jambi, KPUD Kab Muaro Jambi, dan Kab Batanghari bahwa di lokasi Dusun Tanjung Mandiri akan didirikan TPS dari masing-masing kabupaten. Apabila tetap pendirian di lokasi yang sama maka perlu dilakukan antisipasi keamanan. Apabila, jika terjadi pergeseran lokasi TPS terjadi maka harus dilakukan langkah antisipasi agar tercapai solusi penyelesaiannya,” tutur Heru.

Reporter: Eric

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here