JAMBISIBER, Jambi — Pada 11 Januari 2020 dini hari nanti, akan ada fenomena gerhana bulan penumbra yang dapat disaksikan dari Indonesia.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan Gerhana Bulan Penumbra akan mulai terlihat pada Sabtu (11/1) dini hari sekitar pukul 00:05 WIB. Sementara puncak gerhana akan terjadi pada pukul 02:10 WIB dan berakhir pada 04:14 WIB.
Dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari mulai hingga berakhir adalah 4 jam 08,7 menit,” tulis BMKG dalam keterangan resmi mereka yang dikutip jambisiber.com, Jumat (10/1).
Menurut BMKG, Fenomena alam gerhana bulan penumbra ini tak hanya dapat dilihat di seluruh penjuru Nusantara saja, namun seluruh proses gerhana dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia.
Untuk diketahui, gerhana bulan penumbra adalah gerhana bulan yang terjadi saat bulan melintasi bayangan Bumi.
Saat itu, matahari, bumi, dan bulan berada di garis lurus. Alhasil, Bumi akan menghalangi sebagian besar sinar matahari dan menutupi Bulan dengan bayangannya.
Orang awam biasanya tidak menyadari bila gerhana bulan penumbra terjadi. Penyebabnya, gerhana ini terjadi pada saat bulan purnama, dan bagian gelap yang jadi ciri khas gerhana bulan penumbra, tidak terlalu jelas.

Sumber : BMKG

Baca Juga:   Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Anggota Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here