Beranda DAERAH Jambi Sudah Hujan, BMKG: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang Hingga 2...

Jambi Sudah Hujan, BMKG: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang Hingga 2 Hari ke Depan

495
Pantauan Citra Satelit BMKG, curah hujan lebat akan terjadi di beberapa wilayah di Pulau Sumatera dan sekitarnya. (ist)

JAMBISIBER, Jambi – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kondisi cuaca buruk kewaspadaan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan pada sejumlah wilayah di Provinsi Jambi, Rabu (30/10/2019) hingga Jumat (1/11/2019).

Peringatan itu disampaikan BMKG di halaman resminya, Rabu (30/10) malam. Bunyi peringatan tersebut,

‘Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Batanghari, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, Kabupaten Merangin, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Kabupaten Bungo’.

Sementara itu suhu udara secara umum di wilayah Provinsi Jambi berkisar antara 23-30 derajat Celsius, kecuali Sungai Penuh 15-29 derajat Celsius. Kelembapan udara secara umum berkisar antara 70-100 persen.

“Pada akhir Oktober ini, beberapa daerah sudah memasuki musim hujan dan beberapa daerah mengalami musim pancaroba,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dilansir keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/10).

Menurutnya, wilayah dengan curah hujan tinggi dapat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, Jambi dan sebagian wilayah Papua. Untuk wilayah sebagian Sumatera lain, lalu Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku terpantau curah hujan dengan kategori rendah hingga menengah selama November nanti.

“Sebagian wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan, bahkan terjadi bencana banjir dan tanah longsor, seperti di Aceh, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat. Beberapa wilayah yang mengalami pancaroba terjadi bencana puting beliung, antara lain Jawa Barat dan Jawa Tengah,” sebutnya. (red)

Baca Juga:   Cegah Pelanggaran, Korem 042/Gapu Gelar Penyuluhan Hukum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here