Beranda Kota Jambi Jadwal Buka Puasa, Shalat dan Doa Hari Kedua Ramadan 1442 H di...

Jadwal Buka Puasa, Shalat dan Doa Hari Kedua Ramadan 1442 H di Kota Jambi

169

JAMBISIBER.COM – Suasana sepertiga malam di bulan Ramadan memang lebih indah dari bulan biasanya. Hal ini karena umat Islam di seluruh dunia mulai membuka mata dan bersiap untuk sahur.

Waktu sahur sangat krusial, sebab di waktu inilah kita mengonsumsi makanan dan juga minuman sebagai bekal untuk berpuasa seharian. Meski kantuk tak tertahan, kita harus tetap terjaga, dan jangan sampai tidur lagi selepas sahur. Satu lagi, ingat jangan sampai keasikan makan sampai lupa waktu imsak sudah masuk.

Di hari kedua puasa Ramadan 1442 Hijriah, berikut doa niat puasa atau doa sahur, jadwal imsakiyah, dan juga jadwal shalat, berdasarkan aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama

1. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Dengan membaca niat berpuasa maka jelas maksud ibadah kita, bahkan apabila kita tidak membaca niat puasa Ramadan, puasanya dianggap tidak sah, dan harus mengganti (mengqada). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan, “Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam hari maka tak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Berikut doa niat puasa Ramadan atau doa sahur:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin an’ adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.”

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

2. Waktu imsak untuk wilayah Kota Jambi dan sekitarnya

Berdasarkan jadwal Imsakiyah puasa Ramadan untuk daerah Kota Jambi dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada 2 Ramadan 1442 H atau bertepatan dengan 14 April 2021 waktu imsak jatuh pada pukul 04.38 WIB. Selang 10 menit, waktunya azan subuh berkumandang pada pukul 04.48 WIB.

Baca Juga:   Ini Jumlah Dokter Beserta Fasilitas di RS Bhayangkara Jambi

Setelah sahur dan sudah memasuki waktu imsak, kita dianjurkan untuk menghentikan makan dan minum. Selanjutnya, bersiap-siap untuk melaksanakan ibadah shalat Subuh.

3. Jadwal salat untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Berikut jadwal shalat pada hari kedua Ramadan 1442 H dari yang dilansir dari Kementerian Agama:

IMSAK 04:38 WIB

SUBUH 04:48 WIB

TERBIT 06:00 WIB

DUHA 06:28 WIB

ZUHUR 12:09 WIB

ASAR 15:24 WIB

MAGRIB 18:11 WIB

ISYA’ 19:20 WIB

Salat lima waktu wajib dilakukan, lebih utama apabila dilaksanakan tepat waktu di bulan Ramadan. Jangan sampai melewatkan limpahan pahala di bulan Ramadan dengan tidak melaksanakan ibadah shalat fardhu.

4. Jangan tidur setelah salat subuh

Meskipun sering kita dengar bahwa tidur di bulan Ramadan juga mendapatkan ganjaran pahala, namun tidak serta-merta kita juga tidur usai salat subuh. Bagaimana hukum islam memandang tidur setelah salat subuh?

Dari riwayat sahabat Ibnu Abbas sebagaimana diriwayatkan Imam Thabrani, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِذا صَلَّيْتُمُ الفَجْرَ فَلَا تَنامُوا عَن طَلَبِ أرزاقكم

“Idza shalaytumul-fajra fala tanamuu ‘an thalabi arzuqakum”

Artinya: Ketika kalian sudah selesai melakukan shalat subuh, janganlah (mementingkan) tidur yang menjadi penyebab hilangnya rezekimu.”

Selain dapat menjadi penyebab hilangnya rezeki, tidur setelah salat subuh di bulan Ramadan juga dapat menyebabkan mulas atau sakit perut seperti diremas-remas karena berbaring tidak lama setelah sahur. Disebutkan, mulas disebabkan oleh produksi asam lambung berlebihan yang menyebar dari lambung dan men mengarah ke tenggorokan atau dada.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here