Beranda KESEHATAN Ini Daftar Negara-negara yang Mulai Vaksinasi Corona Tahun Ini

Ini Daftar Negara-negara yang Mulai Vaksinasi Corona Tahun Ini

258
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Pixabay)

JSICOM, Jakarta – Vaksin Corona yang tengah dikembangkan mendapat izin penggunaan darurat sejumlah negara. Inggris, menjadi negara pertama yang melakukan vaksinasi COVID-19 pada warganya.

Menyusul Amerika Serikat, yang juga menggunakan vaksin Corona Pfizer dalam izin emergency use authorization (EUA). Selain keduanya, beberapa negara lain juga ikut melakukan vaksinasi COVID-19 tahun ini.

Berikut negara-negara yang sudah mulai vaksinasi COVID-19 tahun ini, dikutip dari Al Jazeera.

Inggris

Seorang nenek berusia 90 tahun menjadi yang pertama menerima vaksin Corona Pfizer. Vaksinasi COVID-19 di Inggris dimulai pada 8 Desember.

Namun, tak lama usai program vaksinasi berlangsung, lockdown ketat kembali diterapkan karena berkaitan dengan temuan jenis Corona baru yang disebut-sebut lebih menular dan memicu lonjakan kasus.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab juga sudah menyuntikan vaksin Corona pada warganya di ibu kota UEA, Abu Dhabi, 14 Desember kemarin. Adapun vaksin-vaksin Corona yang mendapat izin darurat adalah Pfizer-BioNTech, dan vaksin Corona buatan China Sinopharm.

Amerika Serikat

Pada hari yang sama, Amerika Serikat juga mulai memberikan vaksin Corona Pfizer kepada kelompok prioritas. Perawat ICU di New York City, Sandra Lindsay, menjadi warga Amerika pertama yang menerima vaksin Corona di sana.

Pfizer-BioNTech telah diberikan kepada lebih dari satu juta orang sejak program vaksinasi COVID-19 dimulai bahkan saat otoritas AS telah menyetujui EUA vaksin Corona kedua yang dikembangkan Moderna.

Kanada

Pasien COVID-19 pertama yang menerima vaksin Corona di Kanada berusia 89 tahun. Wanita ini menerima vaksin COVID-19 Pfizer pada 14 Desember.

Negara Amerika Utara itu, bersama dengan tetangganya AS, juga telah menyetujui vaksin Corona Moderna untuk program imunisasi massal.

Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin Corona pada 19 Desember, yang akan diluncurkan secara nasional.

Baca Juga:   Batal Naik, Iuran BPJS Kesehatan Kembali Semula, Kelas 3 Rp25.500

Netanyahu, 71, dan menteri kesehatannya disuntik dengan vaksin Corona Pfizer-BioNTech ditonton secara live di TV di Sheba Medical Center di Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

Qatar

Qatar meluncurkan kampanye vaksinasi COVID-19 gratis setelah gelombang pertama vaksin Corona Pfizer-BioNTech tiba di negara tersebut pada 22 Desember.

Vaksin akan diberikan dalam dua dosis, dengan jarak tiga minggu di tujuh pusat kesehatan utama di seluruh negeri.Qatar juga telah menandatangani kesepakatan untuk memperoleh vaksin Corona Moderna dan Oxford-AstraZeneca.

Selain Qatar, masih ada beberapa negara lainnya yang juga memulai vaksinasi COVID-19 tahun ini. Simak di halaman selanjutnya untuk tahu negara mana saja.

Meksiko

Meksiko memulai program vaksinasi COVID-19 massal pada 24 Desember. Seorang perawat menjadi yang pertama disuntik vaksin Corona di negara dengan salah satu angka kematian COVID-19 tertinggi di dunia.

Peluncuran yang disiarkan televisi dilakukan sehari setelah 3.000 dosis pertama vaksin Corona Pfizer-BioNTech COVID-19 tiba dengan pesawat dari Belgia.

Serbia

Serbia mulai meluncurkan vaksin Corona pada 24 Desember. Perdana Menteri Ana Brnabic menjadi orang pertama yang menerima vaksin Corona Pfizer.

Kuwait

Kuwait juga memulai kampanye vaksinasi virus korona pada 24 Desember. Negara tersebut menerima 150 ribu dosis vaksin Corona pertama yang dikembangkan oleh raksasa farmasi AS Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech.

Chili

Pada 24 Desember, Chili menjadi negara Amerika Latin kedua setelah Meksiko yang memulai program vaksinasi COVID-19. Zulema Riquelme, perawat berusia 42 tahun, mendapat suntikan pertama di hadapan Presiden Chili, Sebastian Pinera.

Rusia

Pemerintah Rusia mengatakan telah memberikan vaksin Corona kepada warganya sejak September dengan vaksin Sputnik V. Pada 13 Agustus, Presiden Vladimir Putin mengumumkan bahwa Rusia telah menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan regulasi untuk vaksin COVID-19.

Baca Juga:   Hari Ginjal Sedunia 2021: Berikut 13 Makanan Sehat Untuk Mencegah Batu Ginjal

Namun, persetujuan untuk penggunaan diberikan tanpa negara tersebut menyelesaikan uji coba fase ketiga. Hal ini menimbulkan pertanyaan dari organisasi kesehatan dunia dan ilmuwan.

Swiss

Swiss memulai vaksinasi Corona pada 23 Desember, seorang warga panti jompo berusia 90-an menerima suntikan pertama hanya empat hari setelah vaksin Corona Pfizer-BioNTech mendapat persetujuan EUA.

Kosta Rika

Kosta Rika menerima pengiriman pertama dosis vaksin Corona Pfizer-BioNTech pada hari Rabu, dan negara itu memberikan suntikan pertama pada 24 Desember kepada seorang penghuni panti jompo berusia 91 tahun, Elizabeth Castillo.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena saya telah meminta begitu banyak dari dia. Hidup saya sangat penting bagi saya, jadi manfaatkan setiap momen,” kata Castillo.

Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada mengatakan vaksinasi mungkin merupakan awal dari akhir pandemi Corona.

Hungaria

Hongaria mulai memvaksinasi petugas layanan kesehatan terhadap vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 pada 26 Desember.

Hongaria menerima pengiriman pertama vaksin virus Corona pada Sabtu pagi dan cukup untuk menyuntik 4.875 orang, kantor berita negara MTI melaporkan.

Jerman

Vaksinasi Corona dimulai di negara bagian Saxony-Anhalt, Jerman pada 26 Desember.

Di pusat warga senior Krueger di kota Halberstadt, Edith Kwoizalla yang berusia 101 tahun adalah orang pertama yang divaksinasi.

Slovakia

Pada 26 Desember, Slovakia mulai vaksinasi COVID-19 pada warganya untuk melawan pandemi global.

Vladimir Krcmery, anggota komisi pandemi pemerintah, adalah orang pertama di negara itu yang disuntik vaksin Corona Pfizer dan BionTech.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here