Beranda Batanghari BPBD Batang Hari Himbau Kepada Warga, Waspada Bencana Alam

BPBD Batang Hari Himbau Kepada Warga, Waspada Bencana Alam

79
0

JAMBISIBER.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari himbau kepada masyarakat untuk antisipasi terjadinya banjir dan bencana alam lainnya.

Hal tersebut berdasarkan prediksi BMKG bahwa di kabupaten batanghari sendiri masuk dalam kategori musim penghujan yakni mulai dari bulan Juli dan berakhir kemungkinan di November mendatang.

Dikatakan Anwar Kepada wartawan Jambisiber.com .Anwar selaku pengelola Penanggulangan Bencana, bahwa puncak dari musim penghujan tahun ini diprediksikan jatuh pada bulan Oktober dan November mendatang.

”Untuk dibulan september ini masih dalam keadaan penghujan, tetapi didalam prediksi hujannya bersifat ringan ( hujan lokal ),” Ujar Anwar, Rabu (01/09/2021).

Lanjut Anwar, selain dapat menyebabkan bencana banjir, dampak perpindahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan ini dapat menimbulkan terjadinya abrasi disepanjang bantaran sungai dan banjir bandang.

”Untuk di wilayah Kabupaten kita ada titik yang rentan terjadinya banjir bandang yakni di kecamatan Maro Sebo Ilir,” Tambahnya.

Masih kata Anwar, sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait adanya pemukiman warga yang mengalami bencana banjir ataupun bencana alam lainnya.

” mulai dari awal musim penghujan hingga saat ini belum ada laporan, tetapi tidak menutup kemungkinan bencana banjir akan terjadi di puncak prediksi nanti,” Terangnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Tim dari BPBD setempat selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa bahkan ke tingkat RT agar selalu memberikan informasi apabila terjadinya bencana tersebut.

”Kita dari BPBD terus menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan lokasi rawan banjir untuk selalu waspada akan terjadinya bencana banjir dan juga Abrasi,” Tutup Anwar.

Reporter : Junita Yolandari

Baca Juga:   Korem 042 Gapu tetap bersikap Netral pada Pilkada Serentak 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here