Beranda KESEHATAN Hari Ginjal Sedunia 2021: Berikut 13 Makanan Sehat Untuk Mencegah Batu Ginjal

Hari Ginjal Sedunia 2021: Berikut 13 Makanan Sehat Untuk Mencegah Batu Ginjal

102

JSICOM – Batu Ginjal adalah organ penting tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan produk limbah dari darah dan mengatur kadar cairan tubuh.

Terkadang, ketika Anda memiliki terlalu banyak limbah tertentu dan tidak cukup cairan dalam darah, limbah ini dapat menumpuk dan menyebabkan batu ginjal.

Batu ginjal terjadi ketika zat seperti kalsium oksalat, asam urat, dan sistin mulai terbentuk dalam jumlah tinggi dalam urin dan tidak larut. Batu ginjal juga bisa berkembang di uretra, kandung kemih, dan ureter Anda.

Ada berbagai jenis batu ginjal. Setiap jenis terbuat dari kalsium oksalat, asam urat, kalsium fosfat, struvite dan sistein.

Perawatan untuk batu ginjal tergantung pada ukuran batunya, terbuat dari apa, apakah menyebabkan rasa sakit dan apakah batu tersebut menyumbat saluran kemih Anda.

Para ahli mengatakan bahwa jika Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin perlu mengikuti program diet khusus. Meskipun tidak harus berupa rencana diet terstruktur, fakta pentingnya adalah menghindari jenis makanan tertentu dan mengonsumsi lebih banyak makanan yang bermanfaat bagi kesehatan ginjal Anda.

Berikut daftar makanan sehat dan aman yang dapat Anda konsumsi jika dan saat Anda menjalani pengobatan batu ginjal.

Artikel ini sebelumnya pernah terbit di OkeJambi.com berjudul: 13 Makanan Sehat Selama Pengobatan Batu Ginjal

1. Paprika Merah

Paprika merah termasuk makanan terbaik untuk batu ginjal dan aman dikonsumsi saat menjalani pengobatan batu ginjal. Makanan ini rendah kandungan kalium dan diperkaya dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, B6 dan serat. Selain itu, juga mengandung likopen dalam jumlah yang baik, antioksidan yang membantu dalam pengobatan batu ginjal dan mengurangi risiko kanker.

2. Kubis

Baca Juga:   Pindah Kelas BPJS itu Mudah, Ikuti Langkah Berikut ini

Kubis dikemas dengan fitokimia yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengobati karsinogen yang menurunkan risiko kanker. Ini juga mengandung vitamin A, K, C, B6 tingkat tinggi yang menjadikannya makanan ramah ginjal.

3. Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi tanpa khawatir selama pengobatan batu ginjal. Ini tinggi vitamin C, serat, dan folat. Ini juga mengandung senyawa yang membantu tubuh menangkal zat beracun. Karenanya, memasukkan ini ke dalam makanan sangat membantu untuk pengobatan batu ginjal. Makanan Yang Harus Anda Hindari Selama Musim Panas

4. Bawang

Bawang bombay mengandung flavonoid, terutama quercetin, yang mencegah masuknya zat lemak ke dalam darah. Ini sangat rendah kalium yang menjadikannya makanan terbaik untuk ginjal, dan aman untuk dikonsumsi selama pengobatan batu ginjal.

5. Bawang putih

Bawang putih dikenal dengan sifat anti-inflamasi yang juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya batu ginjal. Dan jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk batu ginjal, bawang putih adalah pilihan yang baik dan aman.

6. Apel

Apel kaya serat dan mengandung sifat anti-inflamasi. Mereka membantu melawan karsinogen, dan dianjurkan untuk makan apel atau jus apel setiap hari untuk mencegah timbulnya batu ginjal.

7. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan yang disebut antosianin yang membantu dalam pengobatan batu ginjal. Ini juga mengandung serat tingkat tinggi, vitamin C dan sifat anti-inflamasi. Mereka juga sangat kaya mangan dan harus ada dalam makanan Anda, terutama jika Anda memiliki batu ginjal.

8. Strawberry

Stroberi kaya akan vitamin C, serat, mangan dan juga mengandung sifat anti-inflamasi. Minum smoothie stroberi secara teratur adalah obat alami dalam mengobati batu ginjal dan pilihan yang aman selama pengobatan batu ginjal.

Baca Juga:   Iuran BPJS Naik, Dalam Sehari 200 Peserta Ajukan Turun Kelas

9. Ceri

Ceri dikemas dengan fitokimia dan antioksidan yang dikenal dapat membantu pengobatan dan pencegahan batu ginjal. Selanjutnya, ceri juga membantu mencegah gangguan yang berhubungan dengan jantung.

10. Anggur Merah

Anggur merah merupakan makanan ideal untuk ginjal, terutama untuk batu ginjal. Ini mengandung flavonoid dan juga meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah. Flavonoid ini membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dan membantu meningkatkan aliran darah.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber asam oleat yang luar biasa dan juga mengandung sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, menjadikannya salah satu makanan sehat terbaik untuk batu ginjal.

12. Ikan Kaya Omega-3

Ikan dikenal sebagai sumber protein yang bagus dan mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang signifikan. Ia juga kaya akan sifat anti-inflamasi. Beberapa jenis ikan terbaik yang membantu mengatasi batu ginjal adalah salmon, mackerel, tuna, dll.

13. Putih Telur

Putih telur kaya akan protein alami dan juga mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ini rendah fosfor, yang membuatnya bermanfaat bagi ginjal. Oleh karena itu, makanan ini membantu menjaga pembentukan batu ginjal dan membantu selama pengobatan batu ginjal.

Batu ginjal biasanya keluar dengan sendirinya tanpa menyebabkan masalah jangka panjang. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pembedahan diperlukan. Salah satu cara terbaik untuk mencegah timbulnya batu ginjal adalah dengan pola makan yang sehat, banyak minum air putih, dan pengobatan yang tepat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here