JSICOM, JAMBI — Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Tanjung Jabung resmi dikukuhkan pada Kamis (10/9/2020) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Pengukuhan dan pelantikan pengurus masa bakti 2020-2026 ini dilakukan langsung oleh Gubernur Jambi Dr. Drs. H Fachrori Umar, M. Hum.

Selain dihadiri oleh Gubernur selaku Pembina PPDI Provinsi Jambi, acara juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas DP3AP2 Provinsi Jambi, Perwakilan Kapolda Jambi, Perwakilan Makorem Garuda Putih Jambi, dan Forkompinda Provinsi Jambi. Selain itu hadir pula Perangkat Desa perwakilan dari seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Acara yang berlangsung meriah dan hikmad tersebut dibuka dengan persembahan tarian pembukaan oleh tim kesenian dari Gubernur Jambi binaan ibu Gubernur Rahima Fachrori.

Pengukuhan pengurus PPDI tiga kabupaten tersebut ditandai dengan pembacaan kalimat pengukuhan oleh Gubernur, selanjutnya penyerahan SK dan pemasangan PIN PPDI secara simbolis oleh Gubernur Jambi.

Ketua Umum PPDI Provinsi Jambi Muhammad Nuh, SE, dalam sambutanya meyampaikan bahwa organisani PPDI merupakan organisasi profesi yang merupakan bagian dari pemerintahan dan bukan merupakan organisasi politik.

Dikatakannya, tujuan dibentuknya PPDI adalah, selain sebagai sarana untuk memperjuangkan hak-hak sebagai Perangkat Desa, PPDI juga berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

“Kami melalui PPDI sudah bertekad untuk membantu pemerintah mensukseskan pelaksanaan pembagunan di segala bidang, khususnya di desa-desa seluruh Indonesia, “ ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Nuh juga menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Gubernur Jambi yang telah mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan pengukuhan pengurusan PPDI Provinsi Jambi di Rumah Dinas Gubernur.

*Kami dari PPDI mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur dan kami do’akan semoga bapak Gubernur selalu diberikan kesehatan di dalam menjalankan tugas sehari-hari, “ ungkapnya

Baca Juga:   Cegah Karhutla, Danrem 042/Gapu dan Kapolda Jambi Pantau Lewat Udara

Dihadapan Gubernur, Muhammad Nuh juga menyampaikan keprihatinan beliau terhadap perihal banyaknya kasus di beberapa kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi, yang mana kepala desa memberhentikan dan memutasi perangkat desa tanpa melalui mekanisme dan prosedur yang telah di tetapkan oleh aturan. Ia berharap agar gubernur dapat membantu mengingatkan para kepala desa untuk selalu mematuhi aturan dalam mengambil kebijakan memberhentikan atau memutasi perangkat desa.

“Di dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 sudah sangat jelas diatur tentang tahapan dan prosedur untuk memberhentikan dan memutasi Perangkat Desa,” sebut Nuh.

Selanjutnya, dalam sambutanya Gubernur Jambi menyambut baik terbentuknya kepengurusan PPDI di Provinsi Jambi dan Kabupaten dalam Provinsi Jambi. Beliau berharap PPDI dapat menjadi wadah aspirasi bagi seluruh Perangkat Desa serta turut menjadi bagian dari solusi dalam mendukung dan mengakselerasi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di desa.

“Salah satu persyaratan agar desa bisa maju adalah adanya perangkat desa yang  memiliki kompetensi yang baik dalam melaksanakan tugas,” ungkap Fachrori.

Fachrori menegaskan, dengan anggaran desa yang sudah sangat besar sekarang ini ada kontribusi perangkat desa dalam mengantarkan kesejahteraan masyarakat dengan terciptanya desa maju, kecamatan maju, kabupaten maju dan provinsi maju.

Namun kata Fachrori, kendala saat ini, masih rendahnya kompetensi perangkat desa menyebabkan Dana Desa (DD) kurang efektif dan transparansi dalam pengelolaanya harus terus diperbaiki.

“PPDI sebagai motor penggerak pemerintahan paling bawah yang bisa menggerakkan roda pemerintahan saya harap dapat selalu bersinergi dengan Kepala Desa, BPD dan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan desa yang lebih baik, “tutupnya. ***

Pengurus PPDI Kabupaten Batang Hari bersama Gubernur Jambi
Pengurus PPDI kabupaten/kota Prov Jambi yang hadir saat pengukuhan
Pengurus PPDI Provinsi Jambi dan para tamu undangan

Editor: Budiana ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here