Beranda Bungo Gelar Adat Dua Dusun di Kecamatan Bathin ll Pelayang Siap Dikukuhkan, Rencana...

Gelar Adat Dua Dusun di Kecamatan Bathin ll Pelayang Siap Dikukuhkan, Rencana Dihadiri Bupati Mashuri

185
Persiapan pengukuhan adat Desa Pelayang Kecamatan Bathin ll Pelayang, Rabu 22 Juli 2020.

JSICOM, BUNGO – Gelar adat untuk dua dusun di Kecamatan Bathin ll Pelayang Kabupaten Bungo telah ditetapkan, setelah diadakannya Rapat persiapan pengukuhan adat Desa Pelayang Kecamatan Bathin ll Pelayang, Rabu 22 Juli 2020.

Menurut panitia pengukuhan, Ketua LAM Kecamatan Bathin II Pelayang, Bapak M. Nasir telah siap memberikan gelar adat bagi kedua rio tersebut dan pada tanggal 27 Juli 2020 pelaksanaan pengukuhan direncanakan akan disaksikan oleh Bupati Bungo, H. Mashuri.

“Saat ini rapat persiapan sudah hampir rampung 100 persen, dan rencana gladi pengukuhan akan dilaksanakan pada hari Sabtu 25 Juli 2020,” kata Camat Bathin ll Pelayang, Marwilisman kepada JSICOM, rabu 22 Juli 2020.

Secara keseluruhan persiapan untuk acara pengukuhan tersebut semuanya sudah hampir siap. Hanya ada beberapa persoalan teknis yang masih harus dikoordinasikan dengan pihak terkait.

Camat Marwilisman mengatakan, Pemerintah kecamatan sangat mendukung dengan terbentuknya dewan adat agar tatanan kehidupan di masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Karena fungsi lembaga adat yaitu melindungi dan mempertahankan nilai-nilai adat istiadat yang positif di masyarakat serta mengurangi resiko-resiko terjadinya konflik di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya

Camat berharap,semoga pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar dan aman, sesuai dengan keinginan masing masing rio.

rapat persiapan acara Pengukuhan gelar adat tersebut dihadiri Camat Bathin II Pelayang, Sekcam, Kasi pemerintahan, perwakilan Puskesmas pendamping desa, Ketua Lembaga Adat Kecamatan, Ketua LAM Dusunb Peninjau, Pulau Kerakap, Rio Peninjau, Rio Pulau kerakap. (Hadi Chandra)

 

Editor: Budiana ST

Baca Juga:   Dusun Seberang Jaya Sukses Gelar Pemilihan BPD Periode 2020-2026, Berikut nama nama yang terpilih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here