Beranda NUSANTARA 273,37 Ribu Penduduk Jambi Masih Miskin, Ternyata Ini Penyebabnya

273,37 Ribu Penduduk Jambi Masih Miskin, Ternyata Ini Penyebabnya

380
Foto Ilustrasi/net
JAMBISIBER, Jambi – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Provinsi Jambi per September 2019 mencapai 273,37 ribu orang.
Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan mengatakan, angka tersebut berkurang sebesar 950 orang dibandingkan dengan penduduk miskin pada Maret 2019 yang sebesar 274,32 ribu orang.
Menurutnya ada beberapa penyebab terjadinya garis kemiskinan di Provinsi Jambi. Yakni dipengaruhi komoditi makanan dan komoditi bukan makanan.
“Namun komoditi makanan menyumbang garis kemiskinan jauh lebih besar dibandingkan komoditi bukan makanan, seperti perumahan, sandang pendidikan dan kesehatan,” bebernya.
Menurutnya, itu terjadi di perkotaan maupun perdesaan. Komoditi makanan yang berpengaruh besar terhadap nilai garis kemiskinan di perkotaan pun relatif sama dengan di pedesaan. “Yang terbesar adalah beras dan rokok kretek filter,” kata dia.
Selain itu, daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, bawang merah, gula pasir, mi instan dan kue basah.
Sedangkan untuk komoditi bukan makanan, Dadang menyebutkan di antaranya adalah biaya perumahan, bensin, listrik, pendidikan, perlengkapan mandi, air, pakaian jadi perempuan dewasa dan pakaian jadi anak-anak.
“Itulah komoditi yang berpengaruh pada garis kemiskinan di Jambi,” tandasnya.

Sumber : jambiindependent.co.id

Baca Juga:   Dini Hari Nanti Akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbra, Puncak Gerhana Pukul 02.10 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here