Beranda PENDIDIKAN Dana BOS 2020 Tahap Pertama Siap Disalurkan ke 136.579 Sekolah

Dana BOS 2020 Tahap Pertama Siap Disalurkan ke 136.579 Sekolah

354
Ilustrasi siswa sekolah dasar
JSICOM, Jakarta – Kementerian Keuangan akan mulai menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahap pertama.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut penyaluran dana BOS tahap pertama sebesar Rp 9,8 triliun yang ditujukan kepada 136.579 sekolah yang tersebar di 32 provinsi di seluruh Indonesia.
“Kita sudah menerima nomor rekening dari sekolah-sekolah sebanyak tersebut dari Kemendikbud dan ditransfer pada hari ini juga,” ujar Sri Mulyani, Senin (10/2).
Adapun untuk mendukung program “Merdeka Belajar” yang dirancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah menyalurkan sebesar 70% anggaran dana BOS pada semester I-2020. Pemerintah juga mengubah pola penyaluran BOS menjadi tiga tahap yaitu masing-masing 30%-40%-30% sepanjang tahun.
Tahap pertama disalurkan paling cepat pada Januari, tahap kedua paling cepat disalurkan April, serta tahap ketiga paling cepat disalurkan di bulan September.
Seluruh penyaluran dana BOS mulai tahun ini langsung dilakukan dari rekening pemerintah pusat ke rekening sekolah, tidak lagi melalui rekening pemerintah daerah.
Tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana BOS sebesar Rp 54,32 triliun atau naik 6,03% dari tahun lalu.
Dana BOS ditargetkan menyasar sebanyak 45,4 juta siswa mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga SMK dan Pendidikan Khusus.

Sumber : kontan.co.id

Baca Juga:   Profesor Sutrisno Resmi Jabat Rektor Unja Periode 2020-2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here