Beranda DAERAH Cemari Lingkungan, Izin Operasional Dua Tambang Batu Bara di Jambi Dihentikan

Cemari Lingkungan, Izin Operasional Dua Tambang Batu Bara di Jambi Dihentikan

664
Tambang Batubara (Ilustrasi/net)
JAMBISIBER, Jambi – Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Jambi menghentikan sementara pemberian izin operasional 2 perusahaan batubara di Jambi. Langkah ini ditempuh karena perusahaan tidak mengindahkan aturan lingkungan dampak dari penambangan.
Kabid Pertambangan Mineral dan Batubara, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, Novaizal Varia Utama mengatakan, dua perusahaan tersebut telah dihentikan sementara sejak tahun 2019 lalu.
“Hingga Januari 2020 ini, perusahaan masih memproses beberapa hal untuk memenuhi tunggakan,” ujarnya
Novaizal mengatakan, perusahaan wajib untuk melakukan pengawasan secara berkala meliputi aspek lingkungan dan finansial.
“Mereka (perusahaan) sudah diberi sanksi, namun masih meminta waktu. Masih berproses untuk menyelesaikan tunggakan,” katanya.
Lebih lanjut dirinya menyebut, perusahaan itu berada di Sarolangun dan Tanjung Jabung Barat. Sebelumnya, Novaizal mengatakan ada 5 perusahaan yang dihentikan sementara, yakni di Tebo satu perusahaan, di Sarolangun 2 perusahaan dan di Tanjung Jabung Barat 2 perusahaan.
“Namun 3 lainnya sudah melakukan perbaikan, sehingga izin dapat diteruskan. Tersisa 2 lagi dalam proses,” ujarnya.
Dirinya mengatakan, seharusnya perusahaan pertambangan batubara yang berdampak kepada lingkungan, melakukan pengawasan secara berkala. Ada bermacam-macam pola yang bisa dilakukan. Seperti tidak membuang air langsung ke lingkungan tanpa ada perantara.
“Selain itu, pihak perusahaan juga harus menyiram secara berkala lingkungan perusahaan mereka agar tidak menyebabkan banyaknya debu berterbangan di sekitar lingkungan,” bebernya.

Sumber : jambiindependent.co.id

Baca Juga:   Pilkada Serentak Digelar 23 September 2020, Ini Tahapannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here