JAMBISIBER.COM – Siap-siap, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-21 sudah dibuka. Jika kamu bingung cara daftar Kartu Prakerja online, simak artikel ini hingga selesai!

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftarkan diri pada program pemerintah satu ini.

Pertama, ada banyak prasyarat yang perlu kamu penuhi. Kedua, kamu juga harus lolos tes untuk mendapat kartu prakerja dari Kementrian Ketenagakerjaan RI ini.

Meski terkesan rumit, sebenarnya proses pendaftaran kartu Prakerja ini mudah, kok.

Nah, jika kamu masih merasa kebingungan, berikut ini jambisiber.com jelaskan secara singkat dan mudah cara daftar Kartu Prakerja online Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan).

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja. Terutama fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Program ini diselenggarakan oleh Kemnakertrans.

Namun, seiring perjalanan waktu dan dinamika perubahan ekonomi, program ini juga berlaku bagi para pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain fresh graduate atau pencari kerja dan pekerja yang terkena PHK, para pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi juga bisa mendaftar program ini.

Program Kartu Prakerja tidak hanya menyediakan program pengembangan kompetensi. Pemerintah juga memberikan dana insentif, dengan total sebesar Rp2.400.000.

Dana tersebut akan dikirimkan ke rekeningmu bertahap selama empat bulan. Dana yang masuk ke rekeningmu perbulannya adalah sebesar Rp600.000.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan insentif Kartu Prakerja sebesar Rp150.000 jika mengisi 3 survei evaluasi setelah menyelesaikan pelatihan. Menarik, bukan?

Berikut ini adalah rangkuman informasi lengkap cara daftar Kartu Prakerja online 2021. Simak hingga selesai.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Online

Syarat yang diberikan untuk daftar Kartu Prakerja cukup mudah dan sederhana. Namun, perlu untuk diperhatikan, agar kamu tidak salah mengisi.

Sebelum kamu membuka situs Kartu Prakerja online ada beberapa syarat yang perlu kamu sediakan terlebih dulu.

Baca Juga:   Edan, Anggaran Pengadaan Ayam di Kementrian Pertanian Rp770 Ribu per Ekor

Menyiapkan Kartu Keluarga sebelum registrasi di situs tersebut. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Berusia paling rendah 18 tahun dan tidak tengah menempuh pendidikan formal.

Membuktikan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) asli dengan menyertakan scan dari KTP asli. Selain itu, kamu harus lolos verifikasi data, seperti verifikasi email, nomor HP, Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK).

Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama masa pandemi COVID-19.

Menyelesaikan serangkaian tes motivasi dan kemampuan dasar.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 21

Jika kamu sudah memenuhi syarat yang diperlukan untuk daftar Kartu Prakerja seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya. Maka kamu bisa membuka situs www.prakerja.go.id untuk daftar online program Kartu Prakerja.

Perlu untuk kamu ketahui, setelah memenuhi seluruh verifikasi data pribadi yang diperlukan untuk daftar di situs program Kartu Prakerja, kamu selanjutnya akan diminta mengikuti tes online.

Sehingga luangkan waktu dan koneksi internet yang baik agar kamu dapat dengan lancar menjalani tahap pendaftaran Kartu Prakerja online. Berikut ini adalah langkah dan cara lengkapnya:

Masuk ke situs pendaftaran di www.prakerja.go.id, menggunakan perangkat HP milikmu.

Klik tombol Daftar Sekarang di halaman muka website.

Masukkan data diri berupa nama lengkap, email yang masih aktif, dan kata sandi baru.

Beri centang pada kotak pernyataan persetujuan syarat dan ketentuan, kemudian klik Daftar.

Cek verifikasi email dari Panitia Prakerja di kotak masuk email yang didaftarkan.

Verifikasi KTP dengan log in melalui akun yang sudah didaftar pada situs tersebut. Verifikasi KTP ini hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat HP.

Lengkapi data diri dengan mengisi formulir pendaftaran berupa nama, email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan, dan unggah Foto KTP.

Verifikasi nomor HP dengan memasukkan nomor telepon yang masih aktif, kemudian klik Kirim.

Baca Juga:   Usai Dilantik, Jokowi Umumkan Kabinet Barunya Besok Pagi

Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan.

Verifikasi status pendidikan dan mulai Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan domisili, lalu klik Gabung.

Nah, itu tadi sejumlah informasi dan penjabaran syarat dan cara daftar Kartu Prakerja online tahun 2021 ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here