Beranda DAERAH Bersama Forkopimda, Danrem 042/Gapu Ikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

Bersama Forkopimda, Danrem 042/Gapu Ikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

159
Acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan secara virtual di ruang utama, Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Senin 17 Agustus 2020. (Penremgapu)

JSICOM, JAMBI — Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M. Zulkifli bersama Forkopimda Provinsi Jambi mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan secara virtual di ruang utama, Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Senin 17 Agustus 2020.

Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Repubkik Indonesia dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Sambut HUT RI Ke-75, BI Luncurkan Uang Kertas Baru Pecahan Rp75 Ribu

Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor Agnie Aditya yang saat ini menjabat sebagai Asops Paspampres. Sedangkan Perwira Upacara yaitu Brigjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han) yang saat ini menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Upacara diselenggarakan dengan tata cara berbeda dan terbatas serta mempedomani protokol kesehatan.

Presiden R.I, Ir. H. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan tersebut mengenakan baju adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, bernuansa merah putih dan mengenakan masker merah putih.

Baca Juga: Kabar Baik! Seluruh Pasien Secapa AD Dinyatakan Sembuh Semua dari Covid-19

Upacara peringatan detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi suara sirine panjang di Istana Merdeka diikuti secara serentak di seluruh Indonesia. Masyarakat menghentikan aktifitas selama 3 menit.

Sedangkan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo, dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Berbeda dari tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka hanya terdiri dari 8 orang yang terbagi dalam dua kelompok.

Baca Juga:Gelar Gowes Sinergitas, Polda Jambi bersama Korem Gapu Lakukan Baksos Untuk Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Baca Juga:   Pertamina Mulai Salurkan Solar Campuran Minyak Sawit ke Jambi

Masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang yaitu seorang pembawa bendera Merah Putih dan dua orang pengerek bendera pusaka. Mereka bertugas pada saat penaikan dan penurunan bendera, sedangkan sisanya 2 orang sebagai cadangan.

Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka ini juga diikuti oleh ribuan peserta secara virtual dari seluruh Indonesia baik melalui live streaming, youtube Sekretariat Presiden, atau siaran langsung televisi. (Penremgapu)

Editor Budiana ST

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here