JAMBISIBER, Gadget – Lembaga riset security (keamanan) asal Inggris SophosLabs kembali menemukan aplikasi yang mengandung adware dan Malware yang bisa membuat ponsel android dihujani iklan. Aplikasi ini ini wajib di delete dari ponsel kamu.

Dalam laporan SophosLabs, menghapus aplikasi ini tidaklah mudah karena mereka menyembunyikan ikon aplikasi di launcher ponsel. Beberapa dari aplikasi ini malah menyamarkan diri di halaman setting aplikasi ponsel.

Aplikasi ini terlihat seperti aplikasi resmi karena bertebaran di Play Store dan sudah di download lebih dari 1,3 juta kali.

Dalam laporannya, salah yang disoroti ShoposLabs adalah aplikasi Flash On Calls & Message. Aplikasi ini menunjukkan notifikasi palsu yang menyebut layanan eror ketika diluncurkan di ponsel, dengan menyatakan aplikasi tidak kompartible dengan perangkat (this app is incompartible with your divice!).

Kemudian aplikasi tersebut kemudian membuka Play Store dan membawa pengguna ke Google Maps untuk mengelabui korban dan seolah-olah aplikasi Maps yang menjadi penyebabnya.

Aplikasi lainnya menggunakan tipuan sebagai ‘Update’, ‘back up’ dan ‘Time Zone Service’.

“Jika Anda merasa aplikasi yang baru saja diinstall bermasalah, ketuk Pengaturan (setting) dan kemudian Application & Notification. Aplikasi paling baru dibuka akan muncul dalam daftar di bagian atas halaman ini,” ujar ShoposLabs seperti dikutip dari Express, Selasa (15/10) lalu.

“Jika Anda merasa salah satu dari aplikasi tersebut menggunakan ikon Android generik (yang terlihat seperti siluet Android biru kehijauan) dan memiliki nama yang terdengar generik (‘Back Up,’ ‘Update,’ ‘Time Zone Service’) ketuk ikon ‘Force Stop’ diikuti oleh ‘Uninstall.”

Semua aplikasi ini sudah di hapus dari PlayStore dan kin giliran kamu yang harus hapus dari ponsel kamu:

Baca Juga:   Ini dia Kecanggihan Mi CC9 Pro, Gunakan 5 Kamera 108 MP

– Flash On Calls & Messages
– Read QR Code
– Imagine Magic
– Generate Elves
– Savexpense
– QR Artifact
– Find Your Phone : Whistle
– Scavenger – speed guard
– Auto Cut Out Pro
– Background Cut Out
– Image Processing
– Photo Background
– Background Cut Out New
– Auto Cut Out
– Auto Cut Out 2019

Sumber: cnbc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here