Beranda NUSANTARA 6 Mamfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

6 Mamfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

25

JAMBISIBER.COM – Ada banyak makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Boldsky salah satu buah yang dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat dan itu adalah alpukat.

Alpukat memiliki nilai komersial yang tinggi. Kulitnya yang hijau muda dengan tubuh berdaging yang hampir terlihat seperti buah pir memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Buah ini juga menawarkan hampir dua puluh vitamin dan mineral dalam setiap porsi termasuk kalium, lutein, dan folat. Sarat dengan berbagai nutrisi, buah hijau membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah timbulnya osteoartritis.

Dari semua manfaat tersebut, yang menonjol adalah bagaimana alpukat dapat membantu menurunkan berat badan. Alpukat rendah karbohidrat dan sumber serat yang bagus, dengan setiap porsi hanya mengandung 9 gram karbohidrat, 7 di antaranya berasal dari serat.

Berikut 6 manfaat buah Alpukat untuk kesehatan

1. Alpukat membantu merasa kenyang

Salah satu alasan utama yang menyebabkan menambah berat badan adalah makan yang tidak perlu. Tubuh Anda tidak perlu kenyang sepanjang waktu, hanya pikiran yang bingung antara kebosanan dan lapar.

Makanan yang tinggi lemak atau serat seperti alpukat bisa membantu merasa lebih kenyang dan kenyang setelah makan. Ini karena kandungan lemak dan serat dalam buah memperlambat pelepasan makanan dari perut membuat merasa kenyang lebih lama dan menghentikan kebiasaan makan berlebihan.

Seluruh alpukat memiliki total 322 kalori. Sebuah studi mendukung klaim di atas dengan menunjukkan bahwa orang yang makan setengah alpukat saat makan siang melaporkan penurunan nafsu makan hingga lima jam. Kandungan lemak yang baik dalam alpukat membantu mengembangkan perasaan puas, sehingga mendorong pengaturan nafsu makan dan penurunan berat badan.

Baca Juga:   Seorang Ibu Nyaris Dihakimi Massa, Karena Dituduh Penculik Anak, Padahal Cuma Numpang Istirahat Kelelahan Habis Mulung

2. Alpukat rendah gula

Buah krim mengandung kurang dari 2 g gula atau lebih rendah dari kebanyakan buah-buahan lain. Mengkonsumsi alpukat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, sehingga tidak berkontribusi pada penambahan berat badan berlebih.

Penurunan berat badan terjadi di antara waktu makan, yaitu ketika kadar gula darah dalam tubuh seimbang, hal ini membantu memfasilitasi penurunan lemak sehat dalam jangka panjang. Selain itu, kandungan karbohidrat yang rendah dalam alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan yang sehat.

3. Alpukat mengurangi stres oksidatif

Buah dapat membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, yang disebabkan ketika tingkat spesies oksigen reaktif yang berbahaya meningkat karena stres lingkungan, kebiasaan makan yang buruk, stres mental, penyakit, dan paparan sinar UV.

Antioksidan dan asam oleat yang ada dalam alpukat membantu mengurangi stres oksidatif dan mencegah kerusakan DNA dan obesitas terkait peradangan. Ini, pada gilirannya, terbukti memiliki peran yang efektif dalam menyebabkan penurunan berat badan yang sehat dengan meningkatkan metabolisme.

4. Alpukat mengurangi lemak perut

Studi menunjukkan bahwa karena alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan oleat, ia dapat membantu mengurangi lemak perut, yang dapat menurunkan risiko sindrom metabolik yang berhubungan dengan penambahan berat badan yang tidak sehat.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi alpukat selama empat minggu menurunkan lemak perut mereka sebesar 1,6 persen dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Mereka juga melaporkan indeks massa tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

5. Alpukat mengandung lemak sehat

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan penurunan lemak, studi menunjukkan. Sebab, lemak yang dibakar pada tingkat yang lebih tinggi daripada jenis lemak lainnya, dapat meningkatkan laju pembakaran lemak dan dapat menyebabkan tubuh Anda membakar lebih banyak kalori setelah makan.

Baca Juga:   VIDEO: WNI dari Wuhan Tiba di Natuna, Kerusuhan Pecah!

Selain itu, lemak mono dalam alpukat membantu mengurangi nafsu makan dan mengurangi keinginan makan setelah makan dengan cara yang paling sehat.

6. Alpukat membantu menurunkan kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, makan alpukat sehari menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah orang yang kelebihan berat badan dan obesitas. Dengan meningkatkan sistem kardiovaskular seseorang, buah ini membantu menyusun tubuh menuju jalur penurunan berat badan yang sehat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here