Beranda RELIGI Lima Tips Agar Khusyuk Tarawih Bersama Keluarga

Lima Tips Agar Khusyuk Tarawih Bersama Keluarga

200
Shalat berjamaah - net
JSICOM — Menjalani sholat tarawih di ruma tentu terasa berbeda dengan yang biasa Anda lakukan di masjid. Namun agar tak mengganggu kekhusyukan dalam beribadah, berikut lima tips jitu dalam mengerjakan sholat tarawih di rumah bersama keluarga.
Siapkan area khusus
Area khusus ini baiknya tidak bercampur dengan ruang aktivitas yang sering dilewati anggota keluarga. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan kebersihan dan kesucian area.
Ciptakan musala (musholah) sendiri
Jika punya ruang kosong di rumah, Anda bisa menyulapnya menjadi musala (musholah) pribadi. Namun hal pertama yang harus diperhatikan yakni luas ruang, minimal 2,5 m x 4 m agar bisa diisi oleh dua atau tiga shaf (barisan).
Sepakati jam sholat tarawih
Agar tidak mengganggu kekhusyukan dalam sholat tarawih, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga sudah menyepakati jam dimulainya solat.
Hindari penggunaan media sosial
Selayaknya sholat tarawih berjamaah di masjid, sholat di rumah juga bisa mengikuti cara yang sama yakni ada jeda antara tarawih dengan witir. Saat jeda, pastikan seluruh anggota keluarga mengikuti panduan imam dengan berdzikir atau berdoa bersama. Penggunaan smartphone terlebih media sosial baiknya dilarang demi menjaga kekhusyukan ibadah.
Bergantian menjadi imam sholat di rumah
Jika dalam satu keluarga Anda terdapat lebih dari satu laki-laki remaja/dewasa, maka bergantian menjadi imam sholat patut diterapkan.
Meski sholat tarawih pada Ramadan tahun ini dilaksanakan di rumah saja, tentunya kondisi ini tidak boleh mengganggu nilai ibadah dan kekhusyukan. Untuk itu, mari bersama mendoakan agar wabah COVID-19 lekas pergi dan semua kembali seperti sedia kala. Selamat beribadah!

 

Sumber: rumah.com

Baca Juga:   Malam ini Awal Tarawih, Ini Keutamaannya Mulai dari Malam Pertama Hingga Hari Ke-30

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here