JAMBISIBER.COM, Batanghari – Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kaur Keuangan Desa se-Kabupaten Batanghari ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Desa, di Aula Badan Keuangan Daerah Kabupaten Batanghari, Senin (21/10/2019).

Acara tersebut dilaksanakan selama sebelas hari mulai 21 oktober hingga 31 Oktober 2019 dan diikuti 110 Sekdes dan Kaur Keuangan Desa dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari.

Dilaksanakannya Bimtek tersebut, pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas mengingat, dalam pengelolaan keuangan desa, pemerintah desa dituntut membuat beberapa laporan.

“Bahwa dalam pelaporan desa harus selesai sampai tanggal 25 Desember 2019 mendatang. Dengan melengkapi segala pertanggung jawaban Dana Alokasi Dana Desa (ADD),” ungkap Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Badan Keuangan Daerah Batanghari, Rahman Zamzami, SE saat memberikan sambutan dalam Bimtek tersebut.

Ia menyebutkan, Dana Desa (DD), DBH dan bantuan keuangan Provinsi harus sesuai koridornya karena, menjadi acuan pemerintah daerah untuk melapor ke Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Tentunya tambah Rahman, Bimtek tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan keuangan di desa.

Selanjutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui Kasi Pembinaan Keuangan dan Aset PMD Kabupaten Batanghari Gunardi, SE, memberikan tehnis dan jugnis kepada Sekdes dan Kaur Keuangan Desa yang hadir.

Tehnis yang diberikan tentang penyusunan APBDes dan memberikan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk penyusunan anggaran Desa tahun 2020.

Menurutnya, sistem keuangan ini, sangat penting. Sebab, akan memuat tentang laporan realisasi pelaksanaan APBDes di setiap semester. Selain itu laporan pertanggungjawaban (LPj) realisasi pelaksanaan APBDes tahunan.

“Dengan adanya aplikasi ini Pemerintah daerah memerintahkan Pemerintah Desa agar menyelesaikan APBDes 2020, paling lambat tanggal 31 Desember 2019 mendatang,” ucapnya. (ak)

Baca Juga:   Innalillah! Dua Orang Lagi Pasien Positif Covid-19 di Jambi Meninggal Dunia Hari Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here